Inilah Tanda-tanda Puting Beliung Melanda

Inilah Tanda-tanda Puting Beliung Melanda
Beberapa hari ini Indonesia memang sedang dilanda cuaca ekstrim, mulai dari angin kecang dan hujan lebat. Dan masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya angin puting beliung, dengan cara mengenali tanda-tanda angin puting beliung melanda. Seperti yang disampaikan Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Senin (30/1). 

"Umumnya jika kondisinya cukup cerah tiba-tiba terbentuk awan yang bergumpal-gumpal kemudian menjadi awan Comulinimbus. Selanjutnya awan dari warna putih menjadi warna gelap. Ketika akan turun hujan itu disertai dengan angin yang dingin dan sejuk, sehingga kemudian akan terjadi proses curah hujan yang deras. Hujan itu yang diawali dengan angin puting beliung tadi" jelasnya. 

Kondisi itu yang perlu diwaspadai dan masyarakat juga harus menghindari pohon-pohon yang ada disekitarnya, dari papan-papan reklame dan berlindung di dalam ruangan yang cukup kuat. Memang becana tidaklah dapat dicegah namun antisipasi dan berhati-hati tidak ada salahnya untuk keselamatan diri anda sendiri dan keluarga.