BBM Naik, Berikut 7 Cara Sederhana Hemat Bensin

Senin, 12 Maret 2012
BBM Naik, Berikut 7 Cara Sederhana Hemat Bensin
Berita mengenai kabar kenaikan BBM telah beredar luas, bahan bakar premium direncanakan akan mengalami kenaikan sebesar Rp 1500 sehingga menjadi Rp 6000. Dan kenaikan BBM tersebut akan dumulai pada bulan April mendatang.

Tentu saja hal ini sudah tak bisa ditawar, namun daripada anda pusing memikirkan kenaikan ini, bukankah lebih baik jika kita mencari jalan keluar untuk solusi terbaiknya. Terutama bagaimana cara untuk menghemat bahan bakar bensin ini agar anda dapat mengehmat pengeluaran.

Dan berikut 7 cara sederhana untuk menghemat pemakaian bahan bakar bensin anda :

1. Cek tekananan.

Perhatikan tekanan ban, karena tekanan ban yang kurang mengakibakan motor/mobil berjalan lebih berat sehingga cukup membuat bensin kita boros.

2. Cek kondisi roda.

Kondisi roda motor dan mobil juga harus baik dan tidak ada hambatan, pergerakan roda yang berat biasanya dikarenakan pelk tidak center, bearing roda aus atau kurang pelumas dll.

3. Atur jarak rem.

Rem yang menempel dapat membuat roda kita berat, atur rem jangan terlalu rapat.

4. Pelumas.

Pelumas yang baik akan mampu membuat mesin lebih optimal sehingga lari motor lebih cepat dan hemat bensin, ganti pelumas secara rutin jangan melebihi batas service yang dianjurkan sehingga mesin terjaga dan putaran mesin tetap top.

5. Busi.

Perhatikan juga busi, jangan sampai diselimuti kerak, pada umumnya pemakaian busi efektif sekitar 6000-7000 km jika sudah memenuhi syarat penggantian segera ganti aja sesuai spesifikasi yang di anjurkan.

6. Service dan setel kalbulator.

Service kalbulator untuk membersihkan kotoran yang dapat menyumbat saluran bensin,setel ketinggian pelampung, skrup udara atau pilot air screw kalau dilakukan tepat maka konsumsi bensin menjadi irit.

7. Filter kalburator.

Selalu bersihkan filter kalburator,untuk filter jenis viscous element jika debu sudah cukup tebal ganti aja karna filter jenis ini jika dibersihkan dengan angin bertekanan akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debunya.

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar