Knightscope Robot Penjaga Keamanan Masa Depan

Knightscope Robot Penjaga Keamanan Masa DepanRobot Knightscope @gizmag.com
Knightscope Inc sedang mengembangkan teknologi '(Autonomous Data Machine) Mesin Otonomi Data' robot penjaga keamanan. Robot ciptaan sebuah perusahaan startup yang bermarkas di Sillicon Valey ini diklaim memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang penjaga keamanan atau satpam.

Dikutip dari Gizmag (9/12/2013), robot ini mirip dengan robot R2 - D2 dalam film Starwars dan dilengkapi dengan mikrofon dengan sensifitas tinggi, sensor jarak, sensor kualitas udara, teknologi optical character recognition yang berfungsi untuk memindai banyak hal seperti mengecek plat nomor mobil yang dikendarai pelaku kejahatan. Robot ini juga memiliki kamera definisi tinggi (HD) yang bisa mengambil gambar secara luas hinggi 360 derajat.

Knightscope

Data yang didapat robot ini akan langsung tersimpan di data center yang berada di kantor kepolisian sekitar dan dapat dilihat secara real-time. Selain itu, perusahaan bisa menganalisis data yang dikumpulkan untuk membantu pihak kepolisian untuk memprediksi kejahatan.

"Kami merancang robot ini untuk menanggapi pernyataan Presiden terkait kasus penembakan yang terjadi di Sekolah Dasar Sandy Hook pada akhir tahun 2012, dengan tujuan utama memerangi kejahatan," kata Chairman dan CEO Knightscope, William Santana Li.

Robot Knightscope akan tersedia dalam dua model, K5 dan K10. K5 untuk area tertutup atau area sempit, sedangkan K10 untuk daerah terbuka yang luas.
ec