Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menonjol

Selasa, 10 Desember 2013 15:50
Cara Menghilangkan Bekas Luka yang MenonjolIlustrasi @readanddigest.com
Kebanyakan orang pasti menginginkan mempunyai tubuh yang mulus dan bersih dari bekas luka yang mengganggu karena akan mempengaruhi penampilannya apalagi bekas luka tersebut terdapat di bagian yang mudah terlihat.

Kadang tanpa kita sadari saat kita menggaruk luka yang belum kering akan mengakibatkan bekas luka yang timbul dan tidak akan dapat hilang dengan sendirinya. Luka menonjol juga dapat disebabkan pergerakan yang terlalu berlebih.

Bekas luka menonjol sering disebabkan oleh luka yang sulit sembuh terutama pada bagian lutut dan siku, karena kedua bagian tersebut tidak mungkin memberikan waktu yang cukup bagi luka anda untuk sembuh secara sempurna.

Bila hal ini terjadi, ada beberapa cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengurangi bekas luka tersebut tanpa efek samping yang berkepanjangan. Ini sangat disarankan untuk mencobanya sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis perawatan lainnya :

Ketimun (Curcumis sativus)

Saat kita terluka kita bisa memanfaatkan ketimun dengan cara mengoleskan ketimun pada bekas luka yang baru dan biarkan mengering semalaman. Setelah beberapa kali pemakaian, bekas luka akan mulai menghilang.

Lidah Buaya (Aloe barbadensis)

Lidah buaya sering kali digunakan sebagai obat-obatan alami, termasuk untuk menghilangkan bekas luka. Dengan cara mengoleskan sari lidah buaya pada bekas luka yang menonjol setiap malam sebelum tidur. Karena sari lidah buaya merupakan pemutih alami terbaik yang dapat kita gunakan untuk mengatasi luka tersebut.

Indian Gooseberry (Emblica officinalis)

Dengan memanfaatkan buah ini untuk menghilangkan bekas luka dengan cara mengoleskan langsung pada luka bagian lutut atau siku untuk meminimalkan pembentukan bekas luka yang mengganggu. Peras dan tampung sari yang dihasilkan untuk menggunakan metode ini.

Suplemen makanan yang penting

Yang perlu kita ketahui adalah selain kita memanfaatkan obat alami tersebut di atas, peran vitamin C dan E sangat vital dalam mempercepat proses penyembuhan luka serta menutup luka tanpa menimbulkan bekas luka berlebih pada tubuh anda. Saat luka dalam proses penyembuhan dan koreng belum terbentuk, dengan mengkonsumsi vitamin E akan sangat efektif bereaksi. Selain itu juga kita harus mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran berwarna hjau supaya luka cepat sembuh dan tidak menimbulkan bekas luka yang menonjol, dan juga makan makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan atau daging.

Beberapa bahan pengobatan lain yang berguna untuk bekas luka

Madu, teh hijau, minyak zaitun dan tea tree oil adalah bahan alami yang bisa langsung dapat dioleskan pada bekas luka. Saat terbaik untuk mengoleskannnya adalah ketika akan tidur karena pada waktu itu adalah waktu regenerasi kulit yang tertinggi.

Apabila cara menghilangkan bekas luka menonjol di atas tidak mampu untuk mengatasi masalah bekas luka yang kita miliki, maka kita bisa untuk memutuskan menggunakan laser untuk menghilangkannya. Cara ini dapat secara pasti menghilangkan bekas luka yang kita miliki walaupun dengan biaya yang agak mahal.
(sid)
Komentar