Kamera Menangkap Gambar 'Dust Devil' di Mars

Sabtu, 10 Maret 2012
Kamera Menangkap Gambar 'Dust Devil' di Mars
Sebuah 'dust devil' atau setan debu menjulang mencapai setengah mil tingginya seperti yang digambarkan berputar-putar di permukaan Mars oleh NASA. Badan Mars Reconnaissance Orbiter menangkap gambar dengan High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) kamera pada tanggal 16 Februari tahun ini saat melintas di atas wilayah Planitia Amazonis planet.

Meskipun suasana di Mars menjadi sangat tipis, satu persen dari tekanan Bumi angin di planet ini cukup kuat untuk menghasilkan peristiwa dramatis dan di daerah ini juga diamati jalan dari angin puyuh atau setan debu, yang terlihat sebagai garis-garis pada permukaan berdebu.

Setan debu aktif menampilkan busur halus yang dihasilkan oleh setengah jalan angin barat sampai puncaknya, yang mengejutkan debu tersebut memiliki ukuran diameter sekitar 30 meter (100ft). Gambar itu diambil sepanjang tahun Mars ketika planet ini menduduki posisi terjauh dari matahari.

Sama seperti di Bumi, angin di Mars didukung oleh pemanasan matahari. Paparan penurunan sinar matahari selama musim ini, namun bahkan sekarang, setan debu masih terjadi tanpa henti. Setan debu terjadi di Bumi maupun di Mars. Mereka berputar dan terlihat menarik debu dari tanah. 

Tidak seperti tornado, setan debu biasanya terjadi pada hari yang cerah ketika tanah dipanaskan oleh matahari, pemanasan udara tepat di atas tanah.

Mars Reconnaissance Orbiter telah memeriksa Mars dengan enam instrumenn ilmu pengetahuan sejak tahun 2006 dan telah mengumpulkan lebih banyak data tentang Mars dari semua misi orbital dan permukaan lainnya. Salah satu kamera yang begitu kuat dapat mengungkapkan objek di Mars yang kecil menjadi terlihat besar.

Butuh lebih dari 20.000 foto-foto Planet Merah selama ini. Orbiter membuat sirkuit lengkap Mars setiap 112 menit, orbit terbang dengan hampir mengelilingi bundaran planet di ketinggian sekitar 255 kilometer (160 mil) di atas Kutub Selatan dan 320 kilometer (200 mil) di atas Kutub Utara.

Untuk menangani sejumlah besar data, Mars Reconnaissance Orbiter memiliki 160 gigabit solid-state memori dan prosesor yang beroperasi sampai dengan 46 juta instruksi per detik.

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar