Gitar Bass Metallica Jokowi Jadi Inventaris Negara

Gitar Bass Metallica Jokowi Jadi Inventaris NegaraGitar bass milik Jokowi dari Robert Trujillo jadi barang milik negara @tempo.co
Nampaknya bukan keberuntungan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi lagi, pasalnya gitar bass pemberian band Metallica untuknya tersebut kini telah diputuskan statusnya barang milik negara atau barang inventaris negara.  

"Direktur Jenderal Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan selaku pengelola barang milik negara telah menerbitkan keputusan tentang status dan penggunaan gitar tersebut," kata Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Tavianto Noegroho dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (20/11) seperti dilansir Tribunnews.

Dilanjutkannya kembali, gitar yang kini berada ditangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut kini sudah menjadi barang milik negara. Dan status tersebut juga telah disetujui serta ditandatangani personel Band Metallica, Robert Trujillo, selaku pemberi.

Selain gitar bass itu, enam barang gratifikasi lainnya yang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara telah ditetapkan statusnya adalah iPad 2, Handphone Samsung Galaxy S Advance, iPhone 5, kain batik dan souvenir berupa replika, maket atau miniatur.

Menurut Tavianto Noegroho, KPK sebagai pengguna barang dapat melakukan pemanfaatan barang milik negara setelah mendapat persetujuan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara selaku pengelola barang.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 96 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penggunaan, Pemanfaatan, Penghapusan dan Pemindahtanganan Barang Milik Negara serta PMK Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara yang Berasal dari Barang Rampasan Negara dan Barang Gratifikasi.
rha