Temuan Papan Ajaib - Menggerakkan Benda Lewat Komputer

Temuan Papan Ajaib - Menggerakkan Benda Lewat KomputerTeknologi menggerakan benda lewat komputer @tangible.media.mit.edu
Telekomunikasi modern memungkinkan kita melihat dan mendengar hal-hal dari jarak yang jauh. Tentu saja ini tidak ada hubungannya dengan indra sentuhan kita. Namun para ilmuwan teknik di Massachusetts Institute of Technology ingin mengubahnya.

Sekelompok mahasiswa di Media Lab MIT telah mengembangkan teknologi yang disebut inFORM, sebuah papan motor yang bisa menampilkan informasi digital sedemikan rupa sehingga bisa dirasakan dan dimanipulasi. Komputer akan mendorong pin plastik ke atas dan ke bawah untuk membentuk bentuk 3D yang serupa dengan cara bagaimana Pin Art toy bekerja. Sensor Microsoft Kinect digunakan untuk mendeteksi gerakan orang tersebut.

Bila kamu penasaran dengan apa yang dimaksud Pin Art, ini adalah mainan eksekutif yang dipatenkan oleh Ward Flemming. Pin Art terdiri sebuah kotak yang permukaannya terdiri atas rangkaian pin padat yang bisa ditarik ke dalam dan keluar untuk menciptakan sebuah relief tiga dimensi. Produk lain yang serupa dengan ini disebut "Pin Pressions" atau "Pinhead". Pinscreen sebelum ini diterapkan sebagai animasi dalam film. Mainan Pinscreen ini dibuat dari pin logam. Karena pin logam lebih berat dan mudah bengkok, maka mainan Pinscreen yang baru umumnya dibuat dari pin plastik. Salah satu Pinscreen yang terkenal adalah Pinscreen raksasa yang terletak di Technorama – Winterthur, Swiss. Layar ini mirip dengan drawing pad 3D besar yang bisa bekerja dengan berbagai ukuran cat untuk kaligrafi.

Pada demo video yang dipublikasikan MIT, inFORM bisa digunakan oleh desainer untuk membuat model fisik tanpa cetak 3D, oleh dokter untuk melakukan pemindaian medis dan oleh siswa untuk memvisualisasikan persamaan matematika.

Teknologi baru ini tentu saja akan merevolusi banyak hal, karena dengan memanfaatkannya, kita bisa menyentuh sesuatu dari jarak jauh. Ini merupakan lompatan teknologi yang menakjubkan!
sid