Kenali Bahaya Tersembunyi Di Balik Lezatnya Roti Tawar Putih

Rabu, 06 November 2013 15:15
Kenali Bahaya Tersembunyi Di Balik Lezatnya Roti Tawar PutihBahaya dibalik lezatnya roti tawar @the-baker-chick.com
Apakah Anda termasuk orang yang suka sarapan dengan roti tawar putih? Banyak orang yang menyukai sarapan roti tawar putih ataupun sebagai menu bekal harian karena memang roti tawar sangat praktis disajikan.

Tapi tahukah Anda mengonsumsi roti tawar putih terlalu sering tidak baik untuk tubuh? Ternyata ada beberapa kandungan dalam roti tawar putih yang jika terlalu banyak dikonsumsi bisa mengancam kesehatan tubuh. Apa saja itu, berikut ulasannya

Kadar garam

Rasa roti tawar putih yang lezat dan gurih ternyata dipengaruhi oleh kadar garam yang cukup banyak terkandung di roti tawar. Memang garam dibutuhkan oleh tubuh namun dalam kadar tertentu dan jika melebihi ambang batas malah akan menimbulkan penyakit.

Bahan kimia

Untuk membuat roti tawar putih dibutuhkan percampuran beberapa bahan seperti tepung dan zat-zat kimiawi sehingga bisa dihasilkan roti yang putih. Zat kimiawi inilah yang bisa membahayakan tubuh jika menumpuk.

Kadar gula tinggi

Roti tawar putih termasuk makanan dengan indeks glikemik tinggi yang berarti bisa menaikkan kadar gula dalam darah. Dengan kata lain terlalu banyak mengkonsumsi roti tawar putih terlalu banyak bisa menaikkan resiko diabetes.

Meningkatkan kolesterol

Terlalu banyak memakan roti tawar putih juga bisa meningkatkat kadar kolesterol di tubuh. Jika kadar kolesterol melebihi ambang batas maka tekanan darah tinggi (hipertensi), penyempitan pembuluh darah jantung bisa mengancam kesehatan Anda.

Naiknya berat badan

Karena banyaknya campuran zat-zat kimiawi yang ada pada roti tawar membuat sistem metabolisme menjadi tidak seimbang secara perlahan-lahan. Jika hal ini terjadi, ini malah menyebabkan penumpukan lemak dan berujung pada naiknya berat badan tubuh.

Ingin mengurangi resiko dari memakan roti tawar putih? Cobalah mengkonsumsi roti tawar gandum. Selain rasanya lezat dan juga praktis disajikan, roti gandum yang kaya serat akan memberi rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan roti tawar putih biasa.
(fuj)
Komentar