Bagaimana Menggunakan Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas

Jum'at, 04 Oktober 2013 17:00
Bagaimana Menggunakan Mind Map untuk Meningkatkan KreativitasMind Map tingkatkan kreatifitas @flickr.com
Bagaimana pengalaman kamu dalam mencatat pelajaran di sekolah? Untuk generasi 90-an ke bawah (bahkan juga mungkin hingga generasi milenium) mungkin kamu terbiasa dengan mencatat secara kronologi berdasarkan yang didiktekan atau secara text book.

Seorang ilmuwan ahli otak dan neurologi, Tony Buzan, merevolusi sistem tersebut dengan menciptakan trik penulisan yang disebut dengan Mind Map. Dengan Mind Map ini, selain lebih mudah mengingat berbagai macam tema yang ingin dicatat, penggunanya juga bisa meningkatkan kreativitas. Apa itu Mind Map? Infospesial akan membahasnya untuk kamu.

Apa itu Mind Map?

apa itu mind map
Apa itu Mind Map @lifehacker.com

Mind Map adalah sebuah sistem pencatatan yang meletakkan sebuah ide utama sebagai titik tengah atau sentral dari catatan kamu. Berikutnya penjelasan serta sub judul dari tema utama tersebut dituliskan mengitari ide utama, dan dihubungkan dengan suatu garis tidak linear. Semakin menjauhi tema utama di pusat, maka semakin detil hal yang dibahas. Sistem ini terbukti lewat beberapa penelitian, mudah diingat oleh otak serta memungkinkan pencatat untuk mengembangkan keterampilan dalam menguraikan tema utama ke sub tema yang lebih kecil dan detail.

Mengapa Mind Map disebut lebih baik dari cara mencatat konvensional?

Mind Map lebih baik dari mencatat konvensional
Mind Map lebih dari cara mencatat konvensional @lifehacker.com

Ada beberapa alasan mengapa Tony Buzan menyatakan bahwa Mind Map lebih baik dari cara mencatat konvensional, dan hal ini juga telah dibuktikan melalui beberapa penelitian lebih lanjut, yaitu:

- Sifatnya grafis, sehingga kamu bisa menyertakan kata, gambar, angka dan warna, jadi ini akan mudah diingat dan lebih asyik untuk ditulis dan direview.
- Mind Map menautkan dan mengelompokkan konsep melalui asosiasi alamiah. Ini membantu menghasilkan lebih banyak ide, menemukan makna yang lebih mendalam terkait subyek yang kamu bahas.
- Mind Map bisa memberikan kamu wawasan tentang subyek yang sangat besar serta berisi banyak informasi.
- Mind Map lebih intuitif untuk mengorganisir pikiran karena mind map meniru cara otak berpikir – melompatkan ide satu sama lain dan tidak berpikir secara linier.
- Kamu bisa menghasilkan ide dengan cepat melalui teknik ini dan bisa mengeksplorasi jalur kreatif yang berbeda.

Bagaimana mulai membuat Mind Map?

Cara membuat Mind Map?
Cara membuat Mind Map? @lifehacker.com

Bila kamu menggunakan komputer, ada beberapa software yang bisa membuat mind map dengan mudah, antara lain Xminds dan Mindjet MindManger. Bila kamu membuat mind map manual, ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Tony Buzan yaitu:

- Mulailah di tengah-tengah halaman. Kenapa? Karena dengan memulai di tengah akan memberi keleluasaan otak untuk menyebar ke segala arah dan mengungkapkannya lebih bebas serta alamiah.
- Gunakan gambar untuk ide utama. Kenapa? Karena gambar lebih mudah diingat.
- Gunakan warna warni yang memikat. Kenapa? Karena warna menyenangkan otak dan memudahkan untuk menciptakan kesan. 
- Hubungkan Cabang Utama ke gambar utama dan hubungkan cabang kedua dan ketiga ke tingkat kedua dan ketiga, dan seterusnya. Kenapa? Karena otak bekerja berdasarkan asosiasi. Ini memudahkan kamu mengingat sebuah tema.
- Buatlah garis yang berupa KURVA,  jangan garis lurus. Kenapa? Karena garis lurus membosankan otak.
- Gunakan SATU KATA KUNCI PER BARIS. Kenapa? Karena kata kunci tunggal memberikan fleksibilitas dan mudah diingat.

Demikianlah tips dari Infospesial yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan kreativitas kamu, yaitu dengan memanfaatkan metode mind map yang luar biasa ini. Dengan metode ini, selain kreativitas meningkat, kamu juga akan lebih mudah dalam mengingat sesuatu.(ec)
Komentar