IPL Tetap Jalan Meski Tanpa Pengakuan PSSI

IPL Tetap Jalan Meski Tanpa Pengakuan PSSI
PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) tidak gentar dengan ancaman Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. PT LPIS tetap akan melanjutkan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) 2013. [Baca : PSSI Tidak Akui Kompetisi IPL]

Sejak Komdis mengeluarkan keputusan untuk tidak mengakui IPL, Sabtu (28/9), lima laga IPL tetap digelar, di antaranya antara Areme IPL melawan PSIR Rembang.

PT LPIS membantah jika pihaknya tidak menjadwalkan ulang IPL seperti permintaan PSSI. Penjadwalan ulang IPL ini setelah tiga klub sepak bola mendapat sanki diskualifikasi dari PSSI, yakni Persema Malang, Persibo Bojonegoro dan Persija Jakarta IPL.

PT LPIS mengaku jika jadwal yang dikirim ke klub tetap mencantumkan ketiga klub tersebut, namun PT LPIS sudah mencoret ketiganya dari IPL, yang bergulir sejak 2 September 2013 lalu. "Artinya sejak putaran kedua lalu, ketiga klub itu sudah tidak ada," kata Ketua Bidang Kompetisi PT LPIS, Hendriyana, Senin (30/9), seperti yang dikutip dari Surya Online dan Tribunnews.

Hendriyana juga tidak khawatir dengan sanksi tambahan dari PSSI. Kompetisi IPL tetap bergulir karena PT LPIS belum menerima surat resmi dari PSSI maupun Komdis.

Hendriyana menambahkan jika PSSI akan melanggar MoU dengan AFC dan FIFA tentang proses unifikasi liga, karena menganggap IPL dan Divisi Utama (DU) yang berada di bawah naungan PT LPIS sebagai kompetisi ilegal. Berdasarkan Kongres PSSI di Surabaya beberapa waktu lalu, kompetisi IPL dan DU milik PT LPIS tidak bermasalah.

"Keputusan Kongres itu menyebutkan bahwa dua liga berjalan berjalan masing-masing di bawah kontrol PSSI," tambahnya.
ec