9 Hal Terpenting Saat Menyusui Bayi

Selasa, 24 September 2013 09:39
9 Hal Terpenting Saat Menyusui BayiIlustrasi menyusui bayi @dohanews.co
Menyusui merupakan proses alamiah setelah melahirkan. Setiap wanita yang telah dikaruniai keturunan sejatinya harus melanjutkan proses pengurusan jabang bayi berikutnya dengan menyusui.

Bagi wanita yang sudah melahirkan mungkin menyusui sudah bukan hal baru lagi alias tidak memerlukan pembelajaran lagi. Namun bagi mereka yang belum pernah melahirkan dan merupakan pengalaman pertama, menyusui merupakan hal yang tentunya harus dipelajari segala sesuatunya.

Berikut ini merupakan hal yang harus diketahui terkait dengan proses menyusui.

1. Mungkin Anda tidak tahu bahwa tiga hari paska melahirkan payudara ibu akan menghasilkan cairan yang mengandung kolostrum. Warnanya sendiri bening agak kekuning-kuningan.

Kolostrum ini sangatlah baik untuk perkembangan hari-hari pertama si bayi karena didalamnya mengandung mieral, protein, air dalam komposisi yang tepat.

Didalam cairan kolostrum juga mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi. Kolostrum akan habis setelah 3 hari yang kemudian digantikan dengan ASI.

2. Ketika menyusui si kecil sebaiknya Anda melakukannya dengan kedua payudara untuk mencegah terjadinya pembengkakan sebagai akibat dari salah satu payudara yang terlalu banyak mengandung ASI.

3. Ketika sedang menyusui kemudian si kecil tiba-tiba menangis, itu berarti ada cairan ASI yang secara otomatis keluar sekalipun tidak disedot.

Hal itu disebabkan oleh refleks oksitosin payudara dimana karena keseringan payudara dihisap maka ASI bisa keluar dengan sendirinya.

4. Untuk Anda ketahui kalau kebutuhan menyusui pada si bayi berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Makanya itu, si ibu tidak perlu repot-repot membuat daftar menyusui bagi bayinya secara ketat.

Berikan saja ASI sesuai dengan yang dimintanya. Biasanya si bayi yang baru lahir akan minta disusui sebanyak 2-3 jam sekali. Makanya dalam sehari, bayi Anda akan minta disusui sebanyak 8—12 kali. Memang pekerjaan yang meleleahkan namun sangat menyenangkan.

5. Bayi dengan kadar ASI yang cukup biasanya akan mengalami penambahan berat badan sebesar 200 gram perminggu dan akan buang air kecil paling tidak sebanyak 6 kali dalam sehari.

6. Ketika masuk program menyusui sebaiknya Anda rajin merawat payudara. Anda harus mendahulukan menyusui si bayi dengan payudara yang terasa masih kencang.

Payudara yang terlalu kencang karena terlalu banyaknya kandungan ASI malah akan menyebabkan pembengkakan. Harus diperhatikan apabila payudara terasa sakit, bengkak, pecah-pecah dan lainnya sebaiknya segera mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjutnya.

7. Untuk diketahui juga bahwa produksi ASI akan sebanding dengan kebutuhan si kecil akan ASI-nya. Maka semakin banyak bayi Anda meminum ASI akan semakin banyak pula ASI diproduksi.

8. Harus pula diingat bahwa kondisi psikologis seorang ibu sangat mempengaruhi produksi ASInya. Apabila seorang ibu sedang stres maka bisa jadi produksinya akan menurun drastis. Makanya jaga selalu kondisi supaya ketika sedang menyusui tidak mengalami stres.

9. Bila seorang ibu tidak memberikan ASI secara langsung maka bisa memompanya terlebih dahulu kemudian memberikannya kepada si kecil dengan cara menyuapinya menggunakan sendok.

Bila memungkinkan hindarilah memberikan ASI dengan menggunakan botol susu karena bila keseringan akan menyebabkan si bayi mengalami “bingung puting”. Dampaknya si bayi akan menolak ketika diberikan ASI.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui oleh setiap ibu yang baru saja melahirkan dan karenanya harus menyusui untuk pertama kalinya. Anda bisa mencatatnya supaya tidak lupa. So berikan ASI terbaik untuk buah hati Anda!(her)
Komentar