Tolak Miss World dan Dukung World Muslimah, MUI Dianggap Tidak Konsisten

Sabtu, 21 September 2013 16:00
Tolak Miss World dan Dukung World Muslimah, MUI Dianggap Tidak KonsistenOpening Miss World 2013 @facebook
Majelis Ulama Indonesia (MUI) dinilai tidak konsisten karena memberikan dukungan terhadap ajang kecantikan World Muslimah 2013 dan menolak Miss World 2013.

Kedua ajang kecantikan ini dianggap memiliki tujuan yang sama, mengemban misi sosial dan memberikan wadah untuk menyampaikan suara wanita di tingkat dunia.

[Lihat : Cantiknya Kontestan Miss World 2013 dengan Kain Sarung Bali]

"Saya sendiri heran, mengapa MUI memertentangkan Miss Worldtapi mendukung Miss World Muslimah melalui kehadirannya di ajang tersebut. Padahal, kedua ajang tersebut memiliki misi yang sama dan kontestannya berasal dari berbagai negara. Saya kira, ada kesalahan dalam memahami substansi agama dalam menilai hal ini karena ajang yang satu tidak didukung, tapi satunya lagi didukung," ungkap Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu Hanura, Ahmad Rofiq kepada Okezone.com, Sabtu (21/9).

Rofiq menambahkan jika Miss World ditolak karena menggelar ajang kecantikan, seharusnya World Muslimah juga tidak mendapat dukungan. Hal ini menunjukkan jika MUI tidak adil dalam menilai Miss World 2013.

"Ajang Miss World bila diukur memiliki manfaat dari sisi budaya untuk Indonesia. Sehingga sudah selayaknya Miss World juga diapresiasi dengan baik," tambahnya.

Rofiq juga menegaskan jika dalam sebuah ajang kecantikan, tidak hanya menampilkan kecantikan wanita tetapi juga potensi dan bakat dari para kontestan.

[Lihat : Wanita Cantik Kontestan Miss World 2013 dari Asia Tenggara]

"Adanya sikap tidak konsisten karena pilih kasih itulah yang bisa tergambar saat perwakilan MUI datang ke ajang lain. Dalam sebuah ajang kecantikan, juga tidak ada yang pure dinilai unsur kecantikan saja, pasti juga memunculkan potensi dan bakat yang dimiliki para kontestan. Kalau selama ini MUI melarang, harus juga memerhatikan maslahat (manfaat) dan mudharatnya. Nyatanya, dampak maslahat Miss World lebih banyak, seharusnya mereka memberikan apresiasi dan dukungan yang kuat," tambahnya.

[Baca : Obabiyi, Juara World Muslimah Akan Bertemu dengan Pemenang Miss World 2013]

Rofiq berharap agar MUI bisa mendukung keragaman dan memberikan toleransi, "Dan untuk MUI sekarang diharapkan bisa memberikan toleransi dan merepresentasikan misi Islam sebagai sebuah agama. Mumpung, masih ada waktu," tutupnya.
(ec)
Komentar