Bagaimana Menggunakan Internet untuk Bertemu dengan Orang di Dunia Nyata

Sabtu, 07 September 2013 21:30
Bagaimana Menggunakan Internet untuk Bertemu dengan Orang di Dunia NyataIlustrasi @hollywood
Kita biasa menggunakan internet untuk terhubung dengan orang di seluruh dunia. Tapi bagaimana dengan orang-orang di halaman belakang kita?

Teknologi cenderung menjadikan kita terisolasi bila kita tidak mengambil tindakan untuk mengatasinya, bisa jadi kita akan menjadi tetangga yang jahat.

Berikut ini Infospesial memberikan tips bagaimana menggunakan internet untuk bertemu dengan orang di dunia nyata.

Bergabunglah dengan grup jejaring sosial lingkungan sekitar

Jejaring sosial seperti Facebook dan Google Plus memiliki fasilitas grup. Dengan fasilitas ini kamu bisa membentuk grup yang terdiri dari orang-orang di lingkungan yang berdekatan atau kelompok berhobi sama yang terdiri atas orang-orang di satu kota. Dengan memanfaatkan jejaring sosial ini, kamu juga bisa mengadakan acara riil terkait hobi kamu. Misalnya penghobi futsal, dengan memanfaatkan jejaring sosial bisa mengatur jadwal pertemuan dan latihan futsal. Kegiatan ini akan memberikan ‘sentuhan sosial’ pada jejaring sosial elektronik yang mana akan tidak akan mengisolasi kita dalam kamar atau rumah saja.

Beberapa forum juga memiliki acara gathering rutin untuk para pengguna forum dari kota yang sama. Kamu bisa bergabung dengan forum-forum ini, kemudian mengikuti acara pertemuan atau kopi darat yang diselenggarakan.

Carilah acara lokal

Ada beberapa website atau jejaring sosial yang mengadakan acara yang bersifat lokal. Misalnya acara pertemuan pengendara motor merek tertentu yang diumumkan pada jejaring sosial. Dari pengumuman ini, kamu bisa menghadiri acara yang diselenggarakan. Untuk penggemar musik, kamu juga bisa bergabung bila ada event musik tertentu di kota kamu yang mana pengumumannya pasti disebarkan melalui berbagai media dan jejaring sosial.

Manfaatkan dunia digital untuk berinteraksi bila kamu merasa canggung

Ada beberapa topik atau situasi yang mungkin canggung untuk dibahas di dunia nyata, namun justru lebih mudah bila dibahas lewat dunia maya. Misalnya topik konsultasi kesehatan atau seksualitas. Meskipun mungkin kamu mengenal para anggotanya, akan lebih mudah untuk membahas sesuatu lewat media internet. Atau misalnya dalam situasi di mana kamu mengikuti sebuah klub fitness di kota kamu. Coba tanyakan apakah klub tersebut memiliki grup chat di IM atau forum. Nah, dengan media digital tersebut, kamu bisa membahas berbagai topik terkait aktivitas kamu yang mungkin canggung untuk dibahas di dunia nyata.

Tips di atas dapat kamu manfaatkan agar kamu tidak melulu terkungkung oleh dunia maya. Internet bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi secara nyata dan kemudian menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sekitar.
(sid)
Komentar