Banyak Orang Cari Info di Internet Sebelum Beli Mobil

Senin, 02 September 2013 19:40
Banyak Orang Cari Info di Internet Sebelum Beli MobilIlustrasi @usedcarsite.com.au
Penelitian terbaru membuktikan jika sebagian besar masyarkat Indonesia mencari informasi di Internet sebelum membeli mobil atau kendaraan bermotor.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Google bersama Netpop Research, 96 persen calon pembeli mobil di Indonesia melakukan riset di Internet sebelum pergi ke dealer, showroom atau penjual mobil. Angka ini adalah angka tertinggi untuk kawasan Asean.

Rata-rata, masyarakat Indonesia membutuhkan 2,9 bulan sebelum memutuskan membeli mobil apa. 28 persen pembeli tahu persis mobil yang mereka inginkan, 66 persen perlu memutuskan tipe atau model mobil, dan hanya 6 persen yang harus mulai dari nol untuk mencari informasi tentang mobil yang mereka ingin membeli.

Para membeli menggunakan internet dari komputer hingga smartphone untuk melakukan penelitian dan membandingkan harga, foto hingga video untuk mengambil keputusan mobil mana yang cocok untuk mereka. Riset online ini akan dihubungkan dengan sumber informasi tradisional seperti info teman, keluarga, majalah, koran atau dealer mobil.

Bahkan, saat berada di lokasi penjual atau dealer, 66 persen calon pembeli akan menggunakan smartphone untuk melakukan riset tambahan 'on the spot', persentase ini juga merupakan angka tertinggi di Asean.
(ec)
Komentar