Cita-cita Bos Facebook: Memberikan Akses Internet untuk Semua Penduduk Bumi

Selasa, 27 Agustus 2013 13:50
Cita-cita Bos Facebook: Memberikan Akses Internet untuk Semua Penduduk BumiMark Zuckerberg luncurkan internet.org @tweaktown
Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg bercita-cita untuk memberikan akses internet kepada setiap orang. Selasa kemarin, lewat wawancaranya dengan Gizmodo, sebagaimana dikutip oleh Infospesial, ia meluncurkan Internet.org, sebuah situs yang memprakarsai inisiatif untuk memberikan akses internet terhadap dua pertiga populasi dunia yang tidak bisa online.

Menurut statistik, hanya 2,7 miliar orang yang memiliki akses internet, dengan penggunaan internet yang terus tumbuh kurang dari 9% setiap tahunnya.

Anggota pendiri dari Internet.org adalah Facebook, Ericsson, MediaTek, Nokia, Opera, Qualcomm dan Samsung. Tujuan mereka? Penggunaan data yang efisien, menjadikan akses Internet dapat dimiliki banyak orang, dan membantu bisnis menciptakan model bisnis dan jasa baru yang akan meningkatkan akses internet.

Beberapa proyek potensial dari internet.org adalah mengembangkan smartphone berkualitas dengan biaya murah yang dapat membantu mengakses internet di wilayah yang jarang dilayani, alat kompresi data dan sistem cache yang bisa diakses menggunakan perangkat seluler.

Zuckerberg, sebagaimana dikutip Infospesial dari Gizmodo, menyatakan bahwa "Ada hambatan besar di negara berkembang untuk mengkoneksikan dan bergabung dengan ekonomi pengetahuan. Internet.org memberikan kemitraan global yang akan bekerja mengatasi tantangan tersebut, termasuk menjadikan akses internet tersedia bagi mereka yang saat ini tidak dapat memilikinya."

Zuckerberg juga mempublikasikan pernyataan misi terkait peluncuran proyek ini, di antaranya terkait dengan keuntungan. Dalam hal ini Zuckerberg berpendapat "Realita ekonomi adalah, saat ini Facebook memiliki lebih banyak uang daripada beberapa negara tertentu di dunia, jadi mungkin tidak akan menguntungkan bagi kami untuk melayani beberapa milyar orang lagi dalam jangka panjang. Tapi saya meyakini bahwa tiap orang berhak untuk terkoneksi di Internet."

Saat ini, website Internet.org menyediakan gambaran proyek dan tujuannya, beserta mitra yang sudah bergabung. Beberapa minggu ke depan, kita akan mendapatkan kabar lebih lanjut mengenai aktivitas yang dilakukan oleh organisasi prestisius ini.


(sid)
Komentar