Tidak Ada Kontes Bikini, MUI Tolak Miss World 2013

Tidak Ada Kontes Bikini, MUI Tolak Miss World 2013MUI tolak Miss World 2013
Kontes kecantikan Miss World 2013 akan digelar tanpa adanya sesi kontes bikini, namun Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap menolak digelarnya Miss World di Indonesia. 

Pihak MUI mengaku para wanita yang ikut dalam ajang Miss World 2013 akan tetap menampilkan bagian tubuh yang dilarang dalam aturan Islam. Hal ini karena Miss World dinilai selalu mengedepankan kecantikan wajah dan tubuh finalis, dan menggunakan pakaian yang ketat.

"Memang ada pemberitahuan jika tidak ada sesi bikini, namun yang ditonjolkan adalah batik. Namun saya tidak yakin bagian tubuh perempuan yang boleh ditonjolkan seperti dalam Islam yakni tangan dan wajah," ujar Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi dan Informasi, Sinansari Encip di Jakarta, Jumat (24/8), seperti yang dikutip dari Kapanlagi.

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri KH Muhyiddin Junaidi juga menilai jika Miss World selalu memamerkan kemolekan tubuh wanita. "Kalau mau menguji IQ silakan bikin kontes IQ. Jangan mengelabui kelompok tertentu bahwa bukan hanya cantik fisik tetapi juga inner beauty," ungkap Muhyiddin.

MUI dengan tegas menolak digelarkan kontes kecantikan internasional Miss World di Indonesia, karena tidak sesuai dengan agama serta budaya bangsa, menonjolkan kemewahan dan sebagainya.

Sebelumnya, ormas Front Pembela Islam (FPI) juga menegaskan menolak ajang Miss World 2013. [Baca: FPI Tolak Miss World 2013 di Indonesia]

Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah kontes kecantikan internasional Miss World. Miss World 2013 akan diikuti wanita-wanita cantik dari 135 negara. Miss Indonesia 2013, Vania Larissa, gadis asal Pontianak, Kalimantan Barat akan mewakili Indonesia.

Miss World 2013 akan berbeda dengan ajang Miss World sebelumnya, kontes pakaian renang atau bikini akan diganti dengan sarung khas Bali. [Baca: Tidak Ada Bikini di Miss World 2013, Diganti Sarung Bali]

Pembukaan Miss World 2013 akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada 7 September 2013 mendatang. Puncak pemilihan Miss World 2013 akan digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat pada 28 September 2013.
ec