Setiap Subuh Jokowi Putar Lagu Metallica

Setiap Subuh Jokowi Putar Lagu MetallicaJokowi doyan musik keras sejak SMP @kompasiana.com
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sudah menyukai musik cadas seperti Metallica saat masih SMP pada tahun 1977.

Jokowi yang bersekolah di SMPN 1 Solo, yang terletak di dekat Stadion Manahan. Setiap pulang sekolah, Jokowi melewati rumah yang terletak di depan stadion, dari garasi rumah tersebut terdengar suara musik yang kencang dari sebuah band bernama Terenchem.

Dari sini, setiap hari Jokowi berhenti untuk menonton band yang personelnya berambut gondrong. Musikus dan pengusaha Setiawan Djody juga pernah menjadi salah satu pemain pengganti dalam band ini. Semakin lama, Jokowi menyukai musik rock, metal dan semua musik yang keras seperti Metallica, Black Sabbtah dan Led Zeppelin.

"Karena di situ ada semangat, pendobrakan, dan lirik-liriknya luas, tidak hanya bicara soal cinta, tapi juga mengenai lingkungan, antikorupsi, serta peperangan," kata Jokowi kepada Tempo, pekan lalu.

Saat kuliah di Universitas Gadjah Mada, Jokowi selalu belajar dengan ditemani musik keras. Bahkan, setelah sholat Subuh Jokowi suka memutar lagu-lagu cadas seperti Metallica.

Tidak hanya suka mendengarkan lagu rock, Jokowi juga rajin menonton konser rock secara live. Dua puluh tahun lalu, Metallica untuk pertama kalinya konser di Jakarta, tepatnya di Stadion Lebak Bulus, Jokowi juga ikut menonton konser tersebut.

Kini, Metallica akan kembali mengguncang Jakarta. Jokowi juga tidak akan meninggalkan momen ini, Jokowi sudah membeli tiket festival Metalllica.
ec