Makin Cepat, Kecepatan Internet Indonesia Ranking 114 di Dunia

Makin Cepat, Kecepatan Internet Indonesia Ranking 114 di DuniaKecepatan internet Indonesia meningkat @en.rian.ru
Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan akses internet lambat. Namun, ada kabar baik, kecepatan internet di Indonesia dikabarkan akan mulai meningkat, seperti dilaporkan perusahaan internet content delivery, Akamai.

Sebelumnya, Indonesia menempati posisi terendah sebagai negara berkecepatan internet terendah di kawasan Asia Pasifik. Pada kuartal I tahun 2013, kecepatan internet di Indonesia membaik, mengungguli tiga negara Asia lainnya.

Sebagaimana dilansir Kompas, Akamai melaporkan jika kecepatan rata-rata internet di Indonesia naik sampai 1,5 Megabit per detik (Mbps), meningkat 6,9 persen dari kuartal sebelumnya dan 113 persen dari tahun 2012.

Kini kecepatan akses internet Indonesia ada di posisi ke-104 dunia, berada di atas Vietnam yang menempati posisi 108 dengan kecepatan 1,5 Mbps, Filipina di posisi 109 dengan kecepatan 1,4 Mbps, dan Indonesia di posisi 114 dengan kecepatan 1,3 Mbps.

Pun demikian, jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, Indonesia masih kalah jauh. Singapura nangkring di posisi 21 dan Malaysia nangkring di posisi 70. Pada periode April - Juni 2013, Korea Selatan masih memiliki kecepatan internet paling cepat dengan kecepatan 14,2 Mbps. Sementara, jika sedang dalam performa terbaik, kecepatannya mampu tembus 44,8 Mbps.

Selain kecepatan rata-rata internet, Akamai juga mengungkapkan peak connection speed (kecepatan internet tertinggi) terbaik yang pernah diraih Indonesia sebesar 12,8 Mbps untuk kuartal I tahun 2013. Kecepatan ini melejit 152 persen dari kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sehingga, menempatkan Indonesia di peringkat 99, mengalahkan Vietnam (peringkat 105 dengan kecepatan 11,6 Mbps), India (peringkat 106 dengan kecepatan 10,6 Mbps), dan China (peringkat 121 dengan kecepatan 8,3 Mbps).

Tapi, Indonesia masih tetap kalah dengan Singapura yang nangkring di peringkat 6 dan Malaysia yang nangkring di peringkat 46. Kecepatan peak internet paling tinggi di Asia, dan dunia, dipegang Hongkong dengan 63,6 Mbps. Sementara, Jepang berada di posisi kedua dengan kecepatan 50 Mbps.
ec