Tips Melatih dan Memperkuat Ingatan

Rabu, 14 Agustus 2013 13:45
Tips Melatih dan Memperkuat Ingatan Ilustrasi @brokenstringsandprettythings.wordpress
Pada dasarnya, memori atau daya ingat kamu tidaklah seburuk yang kamu pikirkan. Seorang ahli di bidang ilmu neurosains dan peneliti otak terkemuka, Harry Lorraine, pernah menyatakan bahwa tidak ada otak yang buruk. Yang ada hanyalah otak yang tak terlatih. Intinya, apabila kita bersedia untuk meluangkan waktu melatih otak kita, maka kita akan berhasil mendapatkan kemajuan yang signifikan dalam hal daya ingat.

Kamu Cuma memerlukan perawatan reguler dan sedikit pelatihan untuk menjaganya tetap optimal. Kamu memang tidak dapat secara ajaib meningkatkan memori kamu dengan cara belajar. Jika kamu tipe orang yang selalu lupa dimana meletakkan kunci, mungkin kamu akan cenderung melakukannya berulang-ulang. Tapi kamu bisa menggunakan teknik tertentu untuk membantu otak kamu agar memberikan perhatian terhadap hal-hal kecil dan mungkin juga meningkatkan persepsi awal kamu.

Berikut ini infospesial akan meringkas beberapa trik untuk melatih dan memperkuat daya ingat:

Meningkatkan daya ingat dengan teknik chunking (potongan)
Yang dimaksud teknik chunking (potongan) adalah, kamu dengan segera mengkaitkan sebuah informasi dengan informasi lainnya untuk membantu mengingat sesuatu. Misalnya kamu bisa mengkaitkan nomor seri kendaraan dengan huruf-huruf yang membentuk kata tertentu. Nomor 805 bisa kamu bayangkan bisa dibaca "Bos" atau sesuai kreativitas kamu sendiri.

Kombinasikan informasi dengan gambar yang aneh
Semakin aneh dan absurd sesuatu, justru kamu akan lebih mudah ingat. Gunakan gambaran yang aneh untuk membantu mengingatkan kamu akan sesuatu. Misalnya, untuk mengingat daftar belanjaan, ketimun, wortel, pisang, dan daging, kamu bisa membayangkan daging raksasa dengan hidung besar laksana ketimun, terpeleset kulit pisang sehingga pantatnya tertancap wortel yang mengacung ke atas. Gambar yang absurd, tapi pasti akan membantu kamu mengingat daftar belanjaan kamu!

Tingkatkan kekuatan observasi dan persepsi kamu
Kamu akan cenderung mengingat sesuatu yang kamu perhatikan. Oleh karena itu, jika kamu ingin meningkatkan daya ingat kamu, maka yang perlu kamu lakukan adalah memberikan perhatian lebih besar terhadap sesuatu yang tengah terjadi.

Beberapa latihan di atas sangat bagus untuk membantu kamu dalam meningkatkan daya ingat. Beberapa diantaranya mungkin berkesan aneh, tapi justru sangat efektif untuk membantu kamu mengingat sesuatu. Efek positifnya, dari latihan ini bahkan kamu juga bisa meningkatkan daya ingat kamu meskipun sedang tidak berusaha untuk mengingat sesuatu secara serius. Cobalah!(sid)
Komentar