Tinju Rahasia Umur Panjang Nelson Mandela

Tinju Rahasia Umur Panjang Nelson MandelaNelson Mandela @guardianlv.com
Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela telah berusia 95 tahun. Ternyata rahasia umur panjang Nelson Mandela adalah tinju.

Noel, N. Lehoko yang merupakan Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia berbagi cerita tentang kehidupan sehat Nelson Mandela. Noel mengaku Mandela melakukan sedikitnya empat gaya hidup sehat seperti tidak pernah merokok, tidak minum alkhohol, konsumsi makanan sederhana dan berolahraga.

Uniknya, Nelson Mandela rajin berlatih olahraga tinju. "Sewaktu masih muda, Mandela dulu sering berlatih tinju," ungkap Lehoko, di kantor informasi PBB (UNIC), Menara Thamrin, Kamis (18/7), seperti yang dilansir dari Vivanews.

Dikutip dari IOL Sport, awal Juli ini Mandela kerap berlatih di sebuah pusat kebugaran di Donaldson Orlando 'DO' Community Center yang terletak di ibu kota Johannesburg. Dirinya sudah bergabung dengan pusat kebugaran tersebut sekitar tahun 1950. Mandela sering menghabiskan waktu pada akhir pekan untuk mengalihkan pikirannya sementara waktu dari peliknya isu politik di Afrika Selatan. Mandela juga sering terlihat bersama putra tertuanya, Thembi, yang saat itu masih berusia 10 tahun.

Untuk masalah makanan, Lehoko mengungkapkan jika pria yang berusia 95 tahun ini bukanlah seorang vegetarian. "Dia lebih memilih makanan yang sederhana dan ringan," kata Lehoko. 

Saat ini, tim dokter menyatakan jika kondisi Mandela semakin stabil setelah sebelumnya sempat dinyatakan kritis. 8 Juni kemarin, Nelson Mandela dilarikan ke RS Medheart Clinic tanggal 8 Juni kemarin karena infeksi paru-parunya kembali kambuh. Mandela menderita sakit paru-paru akibat kerja paksa di lahan pertambangan saat berada dalam penjara di Pulau Robbin selama 27 tahun.
ec