Virus Corona Mengancam Jamaah Haji Indonesia

Minggu, 21 Juli 2013 13:00
Virus Corona Mengancam Jamaah Haji IndonesiaIlustrasi Haji @jateng.kemenag.go.id
Virus Corona melanda Arab Saudi, virus ini bisa mengancam kesehatan jamaah Haji dari berbagai dunia termasuk Indonesia.

Dilansir dari JPNN, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku sudah menerima surat pemberitahuan dan peringatan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi terkait virus Coronoa. Isi surat ini berisi tentang peringatan bahaya dan antisipasi penyebaran virus Corona.

Pihak Arab Saudi meminta para jamaah haji untuk mengenakan masker ketika berada di tempat ramai, kemudian bagi para lansia yang memiliki penyakit kronis diharapkan menunda keberangkatan haji mereka.

"Sejumlah daftar aturan juga telah dikeluarkan, termasuk anjuran agar para lansia yang mengalami penyakit kronis menunda rencana haji mereka," jelasnya.

Pihak pemerintah mengaku baru mempersiapkan upaya preventif dalam menghadapi virus tersebut, karena saat ini masih belum ada vaksin untuk mengobati virus Corona ini.

Virus Corona pernah menjadi masalah dunia dan menelan banyak korban jiwa. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sedikitnya terjadi 38 kasus virus Corona di Arab Saudi hingga akhir Mei 2013. Sebanyak 22 orang meninggal dunia. Masalah tersebut, kata dia, tentu harus disikapi serius oleh pemerintah Indonesia mengingat jumlah jamaah haji Indonesia mencapai 168.000 orang.

WHO juga masih melakukan tindakan untuk mengatasi penyakit akibat virus Corona. Selain itu, WHO mengirim tim khusus ke Arab Saudi untuk meneliti virus tersebut untuk mendapatkan data yang lebih rinci tentang virus yang muncul di Arab Saudi pada September tahun lalu dan mulai memakan banyak korban sejak bulan lalu. 
(ec)
Komentar