Iwan Fals Singgung Perkembangan Teknologi Lewat Lagu 'Dajjal Net'

Sabtu, 29 Juni 2013 10:40
Iwan Fals Singgung Perkembangan Teknologi Lewat Lagu 'Dajjal Net'Iwan Fals singgung perkembangan teknologi @waspada.co.id
Dalam album terbarunya berjudul Raya, Iwan Fals menyinggung tentang perkembangan teknologi dan internet yang mampu merubah perilaku manusia lewat lagu Dajjal Net.

Saat dikenalkan internet oleh kawannya, dirinya menilai jika internet seperti Dajjal yang mampu menyedot waktu seseorang.

"Saat itu saya diajari pertama kali sama ketua Oi (Orang Indonesia, sebutan penggemar Iwan Fals) tentang internet. Ternyata dari Al Quran atau apapun ada di situ. Ternyata juga bisa menyedot waktu semua orang. Ke mana-mana semua orang menunduk," kata Iwan saat ditemui di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (25/6).

Iwan juga mengungkapkan jika gagdet memiliki kesamaan dengan Dajjal. "Dari Pembicaraan itu jadi omongan buat saya, jangan-jangan ini Dajjal. Gadget kan layarnya cuma satu, jadi sama seperti Dajjal," kata pria bernama lengkap Virgiawan Listianto ini.

Namun, Iwan Fals mengaku mendapat hal baik dari perkembangan teknologi, dirinya jadi bisa membaca ayat-ayat suci Al Quran di manapun. "Semenjak ada Dajjal ini, saya bisa baca Al Quran di mana saja. Saya mulai baca Iqro lagi, " ujarnya.

Namun, Iwan Fals juga mengakui jika tidak manfaatkan dengan baik teknologi akan menjadi bahaya. "Tapi kalau enggak dimanfaatkan sebagai sesuatu yang bermakna, akan menjadi bahaya," tambahnya.


(ec)
Komentar