HUT DKI Jakarta, Jokowi Pidato Bahasa Betawi Tapi Berlogat Jawa

Sabtu, 22 Juni 2013 13:30
HUT DKI Jakarta, Jokowi Pidato Bahasa Betawi Tapi Berlogat JawaJokowi berpidato bahasa Betawi berlogat Jawa @Liputan6.com
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) berpidato dengan bahasa Betawi di HUT ibu kota yang ke 486. Meski masih terdengar logat Jawanya, namun usaha Jokowi patut diacungi jempol.

Jokowi mengakui ia membutuhkan waktu 2 hari untuk berlatih pidato menggunakan bahasa Betawi. Jadi maklum saja jika logat Jawa belum bisa lepas dari cara bicara Jokowi. "2 Hari. Kemarin saya nyepi 1 hari itu karena itu. Belajar," ujar Jokowi seperti dilansir Liputan6.

Para hadirin yang mendengar pidato Jokowi pun banyak yang tertawa. Mereka tak terbiasa mendengar bahasa Betawi dalam logat Jawa kental.

Berikut cuplikan pidato Jokowi seperti dilansir detikNews:

"Sebage ungkapan syukur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama masyarakat ama dunia usaha, bikin rupa-rupa keriaan Pesta Rakyat di antero pelosok Ibu Kota, nyang tujuannye ngebangkitin semanget warga buat mencintai dan pegang rol lebih aktif dalem pembangunan Kota Jakarta.

Buat ngatasin masalah entu, ude dirumusin dalem RPJMD 2013-2017, kebijakan dan strategi pembangunan Jakarta, serta mewujudkan visi, Jakarta Baru, kota modern yang rapi jali, tempat hunian layak dan manusiawi, masyarakat berkebudayaan, serta penyelenggaraan pemerintahan yang ngilonin pada pelayan publik.

Tema peringetan HUT ke-486 Kota Jakarta adalah ‘Jakarta Baru, Jakarta Kita’, punye maksud ngajak warga ama stakeholder lainnya, buat nyingsingin lengen baju ngebangun, ngejaga, ngerawat, dan nerusin program-program Jakarta sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan memiliki, buat mewujudkan Jakarta Baru nyang berkelanjutan, serta ngiket kenceng aparat ama masyarakat".
 
Dalam upacara tersebut, Jokowi juga didampingi oleh sang istri, Iriana Widodo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama bersama istri, Veronica Basuki, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya/Jayakarta, dan pejabat lainnya. 

Baca juga:
Duet Bareng Arkana, Jokowi Nyanyi Lagu Benyamin 'Nonton Bioskop'
Pedangdut Gadis MutMut Beri Hadiah Spesial Ultah ke-51 Jokowi
Aduh, Ternyata Berat Badan Jokowi Hanya 54 Kg
(rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar