Pesawat Merpati Tergelincir di Bandara El Tari Kupang

Pesawat Merpati Tergelincir di Bandara El Tari KupangMerpati tergelincir di Kupang @detiknews
Pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) jenis M60 dengan nomor penerbangan MZ 5617 dengan rute penerbangan Bajawa-Kupang, Senin sekitar pukul 09.52 WITA tergelincir saat mendarat di Bandara El Tari Kupang.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun beberapa penumpang mengalami luka termasuk kapten pilot yang mengalami luka serius dan sedang menjalani perawatan di RSU WZ Yohanes Kupang.

"Ada 25 orang yang dievakuasi ke Rumah Sakit AU, 20 orang yang mengalami luka ringan ditangani di rumah sakit AU, tetapi ada lima orang termasuk pilot telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Kupang," kata Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara dr.Daiman, Sp, seperti dilansir Republika.

Pesawat ini terbang dari Ngada, Bajawa dengan mengangkut 47 penumpang dan empat awak pesawat.

"Ada 47 orang termasuk 4 kru, semua selamat. Nggak ada korban jiwa," kata GM Humas PT Angkasa Pura (AP) I Hendy Heriyudhitianto, seperti yang dilansir dari Detiknews.

Pesawat Merpati jenis MA 60 buatan China bernomor registrasi PK MZO ini mengalami crash landing (pendaratan sangat keras) dan undershoot atau pesawat yang mendaratkan rodanya sebelum titik pendaratan yang diharapkan di landasan (runway) pada pukul 09.40 WITA.

Akibat kecelakaan ini, Bandara El Tari Kupang ditutup karena evakuasi pesawat yang nose wheel atau roda depannya tak tampak keluar ini membutuhkan waktu 4 jam.
ec