Usai Diperiksa Dokter, Kakek 66 Tahun ini Baru Tahu Kalau Dirinya Perempuan

Kamis, 06 Juni 2013 15:45
Usai Diperiksa Dokter, Kakek 66 Tahun ini Baru Tahu Kalau Dirinya PerempuanIlustrasi @heartsteps.org
Orang terdekat tidak tahu jika kakek yang berusia 66 tahun ini adalah perempuan, termasuk kakek itu sendiri.

Kakek ini baru mengetahui kalau dirinya perempuan setelah menjalani pemeriksaan oleh seorang dokter. Hasil diagnosis itu mengagetkan dirinya dan keluarganya.

Dilansir dari Bangkok Post, dokter yang melakukan pemeriksaan karena kakek tersebut mengalami pembengkakan yang berasal dari kista pada indung telurnya.

Kakek yang tidak diketahui namanya ini mengalami kelainan genetik langka. Kakek ini memiliki sindrom Turner, suatu kondisi yang hanya mempengaruhi anak perempuan karena kekurangan kromosom.

Sindrom Turner dapat menyebabkan berbagai masalah medis dan perkembangan, termasuk perawakan pendek, kegagalan untuk mulai pubertas, infertilitas, cacat jantung dan ketidakmampuan belajar tertentu.

Selain itu, kakek ini juga memiliki Hiperplasia Adrenal Kongenital (HAK), yang membuat dirinya memiliki jenggot dan mikropenis, sehingga membuat dirinya seperti laki-laki akibat hormon pria dalam tubuhnya yang meningkat.

"Kalau bukan karena kista ovarium yang besar, kondisi medisnya ini mungkin tidak pernah diketahui," pernyataan salah satu dokter yang menangani kakek ini, Senin (3/6).

Kakek yang memiliki tinggi 1,37 meter ini sudah tidak bertambah tinggi setelah pubertas di usia 10 tahun. Dirinya juga tidak memiliki testis dan pernah mengalami kebocoran urine sejak kecil.

Meski sudah mengetahui bahwa dirinya perempuan, kakek keturuan Vietnam ini tetap menganggap dirinya sebagai seorang laki-laki. Kemungkinan dirinya akan melakukan penggantian hormon.

Kebanyakan pria memiliki kormosom X dan kromosom Y, sedangkan kebanyakan wanita memiliki sepasang kromosom X. Tetapi orang-orang dengan sindrom Turner cenderung hanya memiliki satu kromosom X atau hilang bagian kromosom X yang kedua.

Dokter juga menyatakan ada 6 kasus seseorang memiliki dua kelainan genetik seperti kakek itu. (ec)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar