Badai Tornado di Amerika Hisap 80 Kuda & Tewaskan 179 Warga

Selasa, 21 Mei 2013 11:30
Badai Tornado di Amerika Hisap 80 Kuda & Tewaskan 179 WargaTorando berkekuatan tinggi menyerang oklahoma @westtennessee.net
Tornado berkekuatan tinggi melibas kota Oklahoma City, hingga seluas 2 mil. Tornado ini diklaim mirip film Twister. Bahkan, 80 kuda dan 179 warga tewas serta 120 orang terluka.

"Ini persis seperti di film Twister," kata Lando Hite, wartawan KFOR, seperti dilansir tempo.co.

Tornado yang menghantam Oklahoma City ini diperkirakan berkecapatan 250 sampai 322 kilometer per jam. Bahaya tornado ini masuk skala 2 dalam ukuran Badan Cuaca Nasional AS - untuk ukuran nol sampai 5.

Seperti dilaporkan usatoday.com, dua gedung sekolah dasar tempat belajar 75 siswa dipastikan lenyap karena tornado ini. Dan sejauh ini KFOR-TV melaporkan sudah tujuh siswa meninggal dunia. 

Dengan melihat kehancuran sekolah ini dan memeriksa data permukiman di sekitar sekolah, diperkirakan lebih dari 1.200 rumah hancur. 

"Seperti Anda mengambil rumah, Anda memasukkannya ke dalam blender raksasa, Anda menyalakannya berputar selama beberapa menit, dan kemudian Anda mengeluarkan hasilnya," kata John Welsh, seorang pilot helikopter KFOR, afiliasi CNN di Oklahoma.

Presiden AS Barack Obama memerintahkan Badan Penanganan Darurat Federal untuk mengirimkan seluruh bantuan yang ada ke wilayah tersebut. Palang Merah juga melakukan operasi penyelamatan untuk membantu para keluarga yang menjadi korban serangan tornado.
(rha)
Komentar