Meski Sudah Dihapus, Foto Bugil Bisa Muncul Lagi

Rabu, 17 April 2013 16:30
Meski Sudah Dihapus, Foto Bugil Bisa Muncul LagiIlustrasi foto bugil @indonesiarayanews
Beberapa orang dengan sengaja memotret tubuh mereka dengan pose yang memperlihatkan bagian tubuh, bahkan hingga bugil. Beberapa orang sengaja membuat hal ini untuk kenangan atau hanya iseng dan menghapusnya beberapa saat kemudian. Namun, benarkah file dari laptop atau ponsel bisa langsung hilang setelah dihapus?

Dilansir dari merdeka.com, Pengamat Telekomunikasi Sutikno Teguh mengungkapkan bahwa file yang dihapus termasuk foto bisa dimunculkan lagi.

"Jadi seseorang memang bisa memunculkan kembali foto-foto yang sudah dihapus dan ada perangkat atau software yang bisa me-recovery gambar-gambar itu," kata Sutikno.

Dirinya juga mengatakan ada cara agar foto yang dihapus tidak bisa dimunculkan kembali, yaitu dengan menghapus berkali-kali atau diformat ulang.

"Memang dalam menghapus file itu cuma bisa sekali. Nah caranya adalah pertama kita hapus foto itu lalu diisi dengan file lain terlebih dahulu dan dihapus lagi secara berulang-ulang minimal tiga kali. Tetapi, kalau mau aman tentunya harus diformat atau kalau dalam bentuk telepon seluler file itu dihapus dan diinstal ulang," ujar Sutikno.

Saat ini sudah banyak software atau perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengambil file yang sudah dihapus dari telepon seluler, flash disk, laptop, dan hard disk komputer.

"Makanya jangan sampai menyimpan sesuatu hal yang sangat pribadi di dalam handphone, atau mungkin di dalam komputer jinjing sekalipun. Sebab ini bisa berbahaya. Tetapi kalau mau, file itu sebaiknya disimpan di eksternal hard disk atau di flash disk," tutur Sutikno.

Selain itu, beberapa foto bugil yang diunggah ke Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya akan sangat sulit dihapus, karena meskipun kita sudah memilih opsi hapus, file asli foto tersebut masih tersimpan di server jejaring sosial bersangkutan. Kemudian, masih ada beberapa faktor lainnya, seperti foto kalian diunduh oleh pengguna lain dan disimpan di komputer mereka.

Baca : Meski Sudah Dihapus, Foto Facebook Masih Bisa Di Akses

(ec)
Komentar