Penelitian : Bra Bikin Payudara Kendur

Penelitian : Bra Bikin Payudara KendurWanita tidak butuh bra? @huffingtonpost
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang tidak mengenakan bra adalah ide yang tetap. Karena bra tidak memberikan manfaat bagi wanita dan dapat membahayakan payudara dari waktu ke waktu.

Dilansir dari Huffingtonpost, Profesor Jean-Denis Rouillon, dari University of Besancon, Perancis, melakukan penelitian mengenai efek penggunaan bra terhadap payudara, dengan melibatkan 330 wanita berusia 18 - 35 tahun.

50 orang dari mereka diminta untuk tidak memakai bra. Para peneliti melakukan pengukuran anatomi untuk mengetahui ada tidaknya perubahan orientasi menggunakan pengukur khusus berbentuk kaliper.

Menurutnya, wanita tak perlu memakai bra karena justru berbahaya bagi kesehatan payudara, karena membuat payudara ebih gampang kendur, dan meningkatkan risiko nyeri punggung.

"Secara medis, fisiologis, dan anatomis, payudara tak mendapat manfaat dari melawan gravitasi. Bahkan, payudara membuat payudara mudah kendur," kata Rouillon.

Rouillon menjelaskan bahwa seorang wanita yang tidak memakai bra dalam setahun akan terjadi kenaikan puting sekitar 7 mm dan payudara juga lebih kenyal. Gurat seperti stretch mark di bagian payudara juga agak menghilang.

Seorang partisipan berusia 28 tahun mengatakan ia sudah tidak menggunakan bra selama 2 tahun terakhir, dan hasilnya dirinya mendapat banyak manfaat. 

"Ada beberapa manfaat yang saya rasakan, yakni bernapas lebih mudah, jarang nyeri punggung, dan tubuh terasa lebih ringan," katanya.

Sebelumnya, nyeri punggung dikaitkan dengan ukuran payudara yang besar dan penggunaan bra yang tidak tepat. Postur tubuh yang benar sangat penting untuk mencegah nyeri punggung, baik saat memakai bra maupun tidak. 

Rouillon juga mengatakan bahwa bra adalah pakaian wajib bagi wanita adalah suatu hal yang keliru. Namun, tidak semua wanita mendapat keuntungan dari tidak memakai bra.

"Wanita berusia 45 tahun ke atas tak akan mendapat manfaat berarti jika mereka memutuskan untuk tak lagi memakai bra," katanya.

Kalian setuju dengan hasil penelitian Rouillon?

ec