10 Fakta Unik Payudara

Jum'at, 29 Maret 2013 14:45
10 Fakta Unik PayudaraFakta unik payudara @mataharimusik.info
Apa yang kalian pikirkan dengan payudara? Kebanyakan dari jarang berpikir dua kali untuk memperhatikannya. Seorang jurnalis sains memberikan fakta mengesankan tentang payudara dan kesehatan payudara.

Berikut 10 fakta unik tentang payudara yang jarang diketahui, seperti yang dilansir dari HuffingtonPost.

Payudara manusia berbeda dari semua payudara lainnya di planet ini.
Hanya manusia, makhluk hidup yang memiliki payudara yang berkembang pada masa pubertas dan akan memiliki ukuran besar yang permanen, kata Florence Williams, penulis Breasts: A Natural and Unnatural History.

Sedangkan makhluk lainnya hanya hanya memiliki payudara ketika diperlukan (kelenjar susu mereka tumbuh selama menyusui dan kemudian akan mengecil). Sedangkan kita berdaging dan berlemak, "bertahan tanpa memandang status reproduksi kita," katanya.

Dibandingkan dengan organ lain, perkembangan payudara paling lambat.
Williams menemukan hasil bahwa, payudara kita adalah organ terakhir dalam tubuh kita yang berkembang. Tidak seperti, otak atau hati, yang memiliki bentuk yang sudah ditetapkan saat lahir, payudara tidak berkembang saat lahir.

"Payudara memiliki sepenuhnya berkembang selama pubertas," katanya. "Bahkan, jika seorang wanita pernah hamil, payudaranya berkembang sedikit setiap bulan." Selama siklus menstruasi, volume payudara bertambah sekitar 13,6 persen, karena retensi air dan pertumbuhan sel. Payudara rata-rata memiliki berat lebih dari satu pon, tapi ini bisa dua kali lipat pada akhir kehamilan.

Payudara berbeda satu sama lain.
Jangan kecewa atau takut jika memiliki payudara dengan ukuran yang berbeda. Williams mengungkapkan bahwa satu payudara rata-rata memiliki ukuran 39,7 mililiter lebih besar dari satunya. Ini masuk akal, karena kita tidak akan berharap untuk memiliki dua kaki, dua telinga atau dua lutut yang persis sama.

Payudara memiliki hubungan terhadap perkembangan komunikasi bayi.
Olav Oftedal, Ph.D., seorang peneliti Smithsonian, mengatakan bahwa payudara memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap perkembangan komunikasi bayi, karena mereka memiliki hubungan sangat dekat dengan ibu karena laktasi. Ilmuwan lain percaya bahwa bentuk payudara manusia mempengaruhi perkembangan selera bayi dan keterampilan motorik oral mereka, yang kemudian difasilitasi dengan kemampuan untuk membentuk kata-kata.

Payudara dapat menyebabkan laki-laki terganggu.
Steven M. Platek, seorang neuroscientist di Universitas Georgia Gwinnett telah melakukan percobaan di daerah ini, bahwa laki-laki begitu terganggu oleh gambar-gambar payudara dan tidak bisa fokus pada tugas-tugas lainnya.

Payudara mungkin berevolusi untuk membuat semua orang senang.
Mungkin payudara berevolusi karena kondisi tubuh seperti saat hamil atau lainnya. Namun, Williams menemukan fakta unik lainnya, payudara berevolusi untuk meningkatkan daya tarik mereka. Hal ini cukup masuk akal karena saat ini banyak wanita yang lebih banyak melakukan perawatan terhadap payudaranya.

Payudara tumbuh lebih awal daripada sebelumnya.
Rata-rata payudara tumbuh satu tahun lebih cepat daripada generasi manusia sebelumnya, kata Williams. Anda mungkin pernah mendengar bahwa hal ini disebabkan oleh kenaikan obesitas. Namun, Williams mengatakan itu hanya bagian dari beberapa masalah. "Gadis yang tidak gemuk juga berkembang pada usia lebih muda," katanya. Salah satu teori menunjukkan bahwa bahan kimia yang menyerupai estrogen dalam makanan dan produk perawatan pribadi juga mempengaruhi pertumbuhan payudara. Kalian harus menghindari BPA (aditif plastik di lapisan kaleng) dan menggunakan produk kecantikan bebas paraben bila memungkinkan.

Payudara penuh dengan kebaikan.
ASI manusia adalah makanan alam yang sempurna, kata Williams. Payudara ini tidak hanya penuh dengan vitamin, mineral, protein dan lemak yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh seperti antibodi, probiotik dan zat-zat lain yang dapat melindungi terhadap salmonella dan E coli, serta diabetes dan kanker. ASI juga berisi endocannabinoids yang mirip dengan yang ditemukan dalam ganja, yang dapat membantu bayi bersantai dan menghindari makan berlebihan.

Namun, payudara juga memiliki keburukan.
Jaringan lemak membantu payudara untuk menyerap apapun, kata Williams. Payudara menyimpan potensi bahan kimia beracun seperti flame retardants, pestisida, PCB, merkuri, timbal, bahan bakar roket, produk sampingan bensin, fungisida dan banyak lagi. Tingginya kandungan lemak, dan tingginya protein susu juga menarik logam berat dan kontaminan lainnya, dan ibu menyusui dapat menyebarkan hal ini kepada bayi mereka. Williams mengutip laporan 2011 oleh Institute of Medicine dari Akademi Nasional yang merekomendasikan bahwa semua wanita untuk mengurangi eksposur mereka terhadap uap bensin, knalpot kendaraan dan asap rokok.

Payudara sangat rentan terhadap kanker.
Williams mengungkapkan bahwa lebih dari 1,3 juta perempuan didiagnosa menderita kanker payudara pada tahun 2008, dan jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat sebesar 26 persen pada tahun 2020. Dirinya menambahkan bahwa ada tiga alasan kanker berkembang di payudara kita: Organ-organ ini terus menumbuhkan sel-sel dinamis sepanjang hidup kita, jaringan lemak seperti surga bagi bahan kimia industri, dan mereka dipenuhi dengan reseptor hormon dan hormon yang dapat menghidupkan sel-sel kanker. Williams mengungkapkan untuk meminimalkan faktor risiko kanker kalian haru olahraga, tidak merokok dan alkohol, dan menghindari radiasi yang tidak perlu.

(ec)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar