Kecelakaan Maut di Balapan Nascar Daytona, 30 Orang Terluka

Senin, 25 Februari 2013 16:45
Kecelakaan Maut di Balapan Nascar Daytona, 30 Orang TerlukaKecelakaan Balapan Nascar Daytona @huffingtonpost
Final Destination di dunia nyata! 30 orang alami cedera akibat insiden tabrakan pada balapan Nascar Daytona International Speedway di Florida, Sabtu (23/2/2013) waktu setempat, kebanyakan korban merupakan para penonton.

Kecelakaan ini melibatkan 10 mobil saat balapan di Sirkuit Daytona Beach memasuki lap terakhir. Mobil yang dikendarai Kyle Larson melambung ke udara dan menabrak pagar pembatas yang melindungi penonton.

Hal ini membuat mobil tersebut hancur dan potongan-potongan besar dan ban dari mobil tersebut terlempar dan mengenai para penonton. Dikabarkan, 28 penonton dan 10 pembalap mengalami luka-luka.

"Saya tak tahu apakah mobil mengenai orang. Saya tak tahu apa yang harus dipikirkan. Saya sangat emosional. Saya langsung menangis. Itu sangat mengerikan, benar-benar mengerikan. Saya menyukai olahraga balap. Namun, ini sangat berbahaya," ujar saksi mata Shannan Devine dilansir Metro.co.uk.

Sebelumnya, pagar yang digunakan pada balapan Nascar Daytona memang masih menjadi perdebatan karena memiliki jarak yang sangat dekat dengan penonton, sehingga mengancam keselamatan pembalap maupun penonton.

Dario Franchitti yang berhasil menjadi juara tiga kali Indianapolis 500, juga pernah memiliki kenangan buruk akibat pagar pembatas. Sahabatnya, Dan Wheldon tewas saat final IndyCar musim 2011 di Las Vegas. Saat itu, mobil Wheldon mengalami kecelakaan menabrak pagar dan kepalanya membentur sebuah pos dukungan.

Franchitti, berkicau di Twitter agar insiden ini menjadi masukan bagi penyelenggara balapan Daytona, dirinya ingin pagar pembatas segera dibenahi pada balapan ke depan.

Jarak yang sempit antara pagar dan lintasan membuat puing-puing dari mobil sangat mudah melewati, ungkap penonton Daytona, Lenny Brown.

Kecelakaan pada Sabtu itu terjadi jelang balapan Daytona 500 yang digelar Minggu (24/2/2013) waktu setempat.

(ec)
Komentar