Beredar Pempek Berfomalin & Mengandung Boraks

Sabtu, 23 Februari 2013 16:15
Beredar Pempek Berfomalin & Mengandung BoraksPempek @kaskus.co.id
Pempek bisa dibilang makanan sejuta umat, namun kini Anda harus waspada karena beredar pempek mengandung formalin dan boraks.

Hal tersebut pun disampaikan langsung oleh Kepala Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, Indriaty Tubagus, dimana kini masyarakat harus lebih waspada dalam mengkonsumsi makanan.

Dia mengaku, hampir setiap produk makanan dan minuman khas tradisional yang dijual di pasaran mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Diantaranya, pempek, kue, dan jajanan anak-anak.

"Produk yang mengandung bahan berbahaya ini biasanya produk rumah tangga yang tidak terdaftar di BPOM," paparnya.

"Ada produk pempek dan kue yang kami temukan mengandung formalin dan boraks," tegasnya.

Sosialisasi mengenai bahan berbahaya ini sudah berulang kali dilakukan, namun para pedagang nakal masih saja mencampurkan bahan kimia berbahaya ke makanan dan minuman buatannya. Padahal mereka sendiri tahu bahayanya.

"Mereka sudah tahu berbahaya, mereka sendiri tidak memakannya," ujarnya.

Indriaty pun menunjukan ciri-ciri makanan mengandung bahan berbahaya. Misalnya dengan melihat fisik dan rasanya. Makanan atau minuman berwarna mencolok sudah bisa dipastikan mengandung bahan pewarna berbahaya.

Akibat yang ditimbulkan dari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan berbahaya ini pun bisa fatal seperti iritasi pada saluran pernapasan, iritasi kulit, iritasi mata, iritasi saluran pencernaan, dan kanker hati.(rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar