Lolong, Buaya Raksasa Pemakan Manusia Mati di Filipina

Selasa, 12 Februari 2013 10:00
Lolong, Buaya Raksasa Pemakan Manusia Mati di FilipinaLolong, mati di Filipina @huffingtonpost
Buaya air asin terbesar di dunia mati dalam penangkapan di Filipina, buaya yang diduga sebagai pemakan manusia ini mati setelah 17 bulan dikirim ke taman wisata untuk dipamerkan ke para turis.

Lolong, sebutan untuk binatang raksasa ini mati pada Minggu, 10 Februari malam akibat penyakit misterius dalam penangkaran buaya di kota Bunawan, Provinsi Agusan del Sur, yang berjarak sekitar 830 km sebelah tenggara Manila. 

"Ini hari yang sangat, sangat menyedihkan bagi kami. Dia telah mendatangkan ketenaran bagi kota kami. Kami sekarang berpikir untuk mengawetkan bangkainya," kata Welinda Elorde juru bicara kota Bunawan, kepada kantor berita AFP, Senin (11/2/2013).

Masih belum diketahui penyebab kematian Lolong. Surat kabar The Philippine Star mengungkapkan bahwa Lolong jatuh sakit sejak menelan seutas tali tiga pekan lalu, namun hal ini dibantah Elorde.

"Kami memberinya makan daging dan unggas, dan tak mungkin dia telah memakan yang lain selain itu," tuturnya.

Baca juga :
Buaya Putih Sepanjang 2 Meter Gegerkan Warga Parepare
Banjir Membuat 15.000 Buaya Lepas dari Kandang
Seekor Buaya 'Terbang' Serang Turis di Australia
Buaya Air Asin Terbesar di Dunia, Pemangsa 2 Manusia!
Ditemukan Fosil Buaya Purba Pemangsa Manusia Kerdil

Dengan panjang 6,17 meter dan berat 1.075 kilogram, Lolong dinobatkan sebagai buaya air asin terbesar di dunia oleh Guinness World of Records, dengan mematahkan rekor sebelumnya yang memiliki panjang 5,48 meter.

Lolong, berhasil di tangkap hidup di Bunawan pada September 2011 dalam  operasi perburuan yang diprakarsai pemerintah, setelah muncul rumor bahwa binatang itu telah memakan seorang nelayan dan menggigit kepala seorang pelajar putri.

Hal ini juga mmebuat kota Bunawan terkenal, Lolong mampu menarik wisatawan datang dan memberikan pemasukan bagi kota berpenduduk 37.000 jiwa tersebut.(ec)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar