Makan Menggunakan Tangan Bermanfaat untuk Kesehatan

Senin, 04 Februari 2013 17:30
Makan Menggunakan Tangan Bermanfaat untuk KesehatanMakan menggunakan tangan @ideasinspiringinnovation.wordpress.com
Selain lebih nikmat, makan dengan menggunakan tangan nyatanya juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan dibanding menggunakan sendok. Kok bisa ?

Tangan kita mengandung enzim yang disebut RNase yang bertugas menghambat perkembangan bakteri dalam makanan. Saat kita tengah makan dengan tangan, enzim tersebut akan bercampur dengan makanan yang kemudian kita telan dan masuk ke mulut. Sehingga makanan yang kita telan tersebut bersih dari kuman penyakit.

Enzim RNase yang banyak diproduksi di tangan kanan, utamanya jari tengah, telunjuk, dan ibu jari ini juga berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap serangan bakteri patogen.

Saat tangan kita kotor, enzim tersebut banyak dikeluarkan untuk mengurangi aktivitas bakteri, begitu pula saat kita makan. Enzim RNase ini akan terus diproduksi selama kita mengambil makanan dan masuk ke dalam tubuh sehingga kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Namun tentu saja sebelum makan menggunakan tangan kita harus terlebih dahulu melalukan ritual wajib yaitu mencuci tangan. Karena bagaimana pun tak ada anggota tubuh kita yang luput dari kuman. Jika kita tak mencuci tangan maka jumlah kuman jahat akan lebih banyak dari kuman baik sehingga enzim RNase tak berfungsi.(rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar