BlackBerry 10 Telah Dirilis

Sabtu, 02 Februari 2013 11:00
BlackBerry 10 Telah DirilisBlackBerry Z10 & Q10 @ubergizmo
Dua ponsel terbaru dari BlackBerry yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 telah dirilis di New York, AS, Rabu (30 Januari 2013).

Salah satu ponsel merupakan layar sentuh penuh, sedangkan satunya lagi adalah model papan ketik fisik dengan format QWERTY.

BlackBerry Z10 mengusung model layar sentuh penuh seluas 4,2 inci, dengan kerapatan pixel 356 pixel per inci (ppi) dan ponsel ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih.

"Anda akan merasa nyaman saat menggenggamnya (BlackBerry Z10)," kata Thorsten Heins, CEO BlackBerry.

BlackBerry Q10 ponsel yang mengusung model papan ketik fisik format QWERTY.

"Kami tahu ada banyak pecinta ponsel dengan keyboard fisik di luar sana," tambah Heins.

Ponsel ini menggunakan jenis layar Super AMOLED seluas 3,1 inci resolusi 720 x 720 pixel. Meski disertai keypad fisik, layar BlackBerry Q10 mendukung navigasi layar sentuh. Namun, ia tak lagi dibekali trackpad.

Soal desain, BlackBerry 10 punya ketebalan 10,3mm dan bobot 139 gram. Panel belakangnya terbuat dari materi sejenis kaca yang disebut glass weave material. "Anda tak akan menemukan bahan ini di perangkat lain. Ia lebih tipis, lebih ringan, dan lebih kuat dari plastik," jelas Heins.

Demikian pula, ponsel ritel Inggris lokomotif Carphone Warehouse tampaknya bersiap-siap untuk menawarkan Z10 untuk 480 Euro atau sekitar Rp 6 juta tanpa kontrak. Ini titik yang tepat harga Galaxy S III dan hanya £ 20 di bawah iPhone 16 GB 5.



Pada kesempatan yang sama, pihak Research In Motion (RIM) juga mengumumkan bahwa perusahaan itu telah berganti nama menjadi BlackBerry.

"Mulai hari ini, kami adalah BlackBerry," ujar Heins.

Perubahan nama ini juga termasuk perubahan pada kode saham mereka di lantai bursa. Perusahaan itu akan dikenal dengan nama BBRY di NASDAQ dan BB di Toronto Stock Exchange.
(ec)
Komentar