7 Cara Mudah Redakan Nyeri Leher

Rabu, 30 Januari 2013 11:30
7 Cara Mudah Redakan Nyeri Leherilustrasi gambar @comluv.com
Pekerjaan Anda menuntut Anda untuk berlama-lamaan di depan komputer, atau jika tidak Anda merupakan pekerja keras. Apapun itu nyeri leher bisa saja menyerang secara mendadak. Lalu jika mengalami serangan ini apa yang harus dilakukan segera ?

Berikut 7 cara mudah mengurangi nyeri leher, seperti dilansirĀ readersdigestĀ :

1. Ketika nyeri leher menyerang di tempat kerja, tekan dahi ke telapak tangan Anda

Duduklah di kursi dengan keadaan tidak bersandar ke belakang dan tempatkan siku Anda pada meja. Dengan kepala berpusat di bahu, tekan dahi ke telapak tangan selama 3-5 detik. Gunakan telapak tangan untuk menahan kepala Anda dan ulangi hal ini sebanyak 3 sampai 5 kali.

Kemudian duduklah dengan tegak dan tempatkan telapak tangan Anda di belakang kepala dengan siku berada dalam posisi keluar ke samping. Tekan kepala Anda kembali ke telapak tangan sehingga telapak tangan menahan tekanan dari kepala Anda. Tahan selama 3-5 detik dan ulangi tiga sampai lima kali.

2. Lakukan latihan ringan untuk menguatkan bahu

Tempatkan telapak tangan Anda di tepi kursi dan tekan ke dalam tangan Anda hingga pinggul dan bokong terangkat sekitar satu atau dua inchi ke udara. Tahan selama 5 detik, turunkan dan ulangi sebanyak 5 kali untuk menguatkan otot bahu.

3. Tarik kembali tulang belikat ketika sedang bersantai

Tempatkan tangan Anda di pangkuan dan tariklah punggung ke belakang agar tulang belikat ikut tertarik. Tahan hingga beberapa detik, kembali bersantai dan kemudian ulangi sekali lagi ketika akan berangkat tidur.

4. Buatlah kompres leher sendiri

Isi 3/4 bagian kaus kaki bersih yang sudah tidak terpakai dengan nasi putih, 2 batang kayu manis, dan 1 sendok makan cengkeh. Ikat erat dengan karet gelang dan panaskan dalam microwave selama 2 menit.

Gantungkan melingkar di leher bagian belakang atau tengkuk Anda sebagai obat aromatherapeutic yang dapat menenangkan bahu dan leher yang sakit. Anda dapat menggunakannya berulang-ulang, sampai aromanya menghilang.

5. Lakukan latihan leher setiap 45 menit menatap layar komputer

Untuk mencegah nyeri leher, lakukan latihan dengan menjaga dagu tegak lurus dengan badan dan tarik kepala perlahan ke belakang, tahan selama lima detik. Ketika Anda sedang menatap layar komputer, lakukan latihan ini setiap 45 menit sekali.

6. Gerakkan leher Anda dengan gerakan melingkar

Jika Anda telah mengalami nyeri leher, gerakkan leher Anda setiap 1 jam dengan cara menjatuhkan dagu ke dada, lalu putar leher Anda ke kiri, ke belakang, ke kanan, dan turun lagi dalam gerakan melingkar. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali, kemudian lakukan kembali dari arah yang berlawanan.

7. Pastikan Anda tidur di bantal yang tepat

Bantal terbaik untuk nyeri leher tergantung pribadi masing-masing, tetapi umumnya bantal harus lembut dan nyaman untuk tidur. Sesuaikan tinggi bantal yang membuat leher terasa nyaman dan tidurlah dengan posisi yang tepat.
(rha)
Komentar