Inilah Wajah Mumi Mesir Berusia 2.000 Tahun Pasca Direkonstruksi

Selasa, 29 Januari 2013 17:00
Inilah Wajah Mumi Mesir Berusia 2.000 Tahun Pasca DirekonstruksiHasil rekonstruksi wajah mumi wanita Mesir @mcgill.ca
Dengan menggunakan pemindaian CT beresolusi tinggi, kini bukan hal mustahil untuk bisa mengetahui bagaimanakah wajah dari wanita mesir dari masa 2.000 tahun silam. Bahkan rekostruksi wajah mumi ini kini tengah jadi pajangan di  Redpath Museum, McGill University, Kanada.

Ilmuwan baru-baru ini pun telah merekonstruksi wajah dari mumi wanita Mesir berusia sekira 2.000 tahun. Mumi wanita yang memiliki tinggi badan 5 kaki ini diduga meninggal saat usianya menginjak 20 tahun.

Dilansir MSN, Senin (28/1/2013) fakta menarik dari mumi wanita ini adalah pada masa 2.000 tahun lalu ternyata wanita yang berada dibawah Kekaisaran Romawi memiliki gaya rambut yang rumit. Dan gayaa rambut yang erinspirasi oleh permaisuri Romawi, Faustina I ini tengah populer di kala itu.

Mumi wanita ini sendiri ditemukan beberapa meter dari piramida raja. Mumi ini dimakamkan dalam peti mati dengan wajah dihiasi oleh emas.

"(Gaya) rambut mumi ini dapat dengan mudah diketahui, dengan helai panjang di tengah kulit kepala ditarik kembali ke lekukan atau kepangan, yang kemudian digulung ke dalam tutulus atau sanggul di puncak mahkota kepala," ujar tim peneliti dalam jurnal RSNA RadioGraphics.

Melalui pekerjaan penelitian dan rekonstruksi yang melibatkan pemindaian CT beresolusi tinggi, analisis antropologi dan cetak 3D dan gambar rekonstruksi wajah. Tim peneliti mampu membuat wajah 3D (tiga dimensi) berikut rambut mereka. Dan juga seniman forensik profesional, Victoria Lywood.
(rha)
Komentar