Penampakan Aneh di Ruang Angkasa, Nebula Berbentuk Sapi Laut

Senin, 28 Januari 2013 21:50
Penampakan Aneh di Ruang Angkasa, Nebula Berbentuk Sapi LautNebula manatee @inquisitr.com
Karl G Jansky, seorang ilmuwan di National Science Foundation menemukan penampakan aneh nebula yang berbentuk seperti manatee atau sapi laut memiliki panjang 10 kaki dan berat 453,5 kg. Penampakan nebula ini pun dijuluki dengan W50.

W50 merupakan supernova, atau ledakan bintang berukuran paling besar yang pernah ditangkap oleh VLA(very large array). Dimana memiliki panjang 700 tahun cahaya, mencakup dua derajat lintang di langit, setara empat bulan jika dijejerkan. Fenomena unik yang diperkirakan berusia 20.000 tahun.

"Secara optik, objek astronomi ini cerah, bisa dilihat dengan mata telanjang juga teleskop optik, sering dijuluki seperti Whirlpool Galaxy dan Owl Nebula," papar National Radio Astronomy Observatory (NRAO) dalam pernyataan resminya, seperti dilansir Daily Mail.

Whirlpool Galaxy adalah galaksi spiral pada konstelasi bintang Canes Venati. Sedangkan, Owl Nebula merupakan bintang berkabut cahaya pada konstelasi Ursa utama.

Saat pencitraan W50 sampai di kantor direktur NRAO, Asisten eksekutif direktur Heidi Winter melihat adanya kemiripan gelembung W50 dengan manatee.
(rha)
Komentar