4 Tips Berkendara Aman Saat Hujan

Minggu, 27 Januari 2013 11:00
4 Tips Berkendara Aman Saat HujanIlustrasi gambar @slinkylikestealth.blogspot.com
Hati-hati di jalan, keluarga menunggu Anda dirumah! Pesan ini banyak terpampang di pinggir jalan raya. Bukan hanya sekedar pajangan, namun ini adalah peringatan. Apalagi di musim hujan seperti ini Anda harus lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara.

Dan untuk membantu Anda agar lebih waspada berkedara hingga aman untuk diri sendiri dan orang lain juga, berikut 5 tipsnya :

1. Waspadai banyak lubang di tengah jalan

Berkendaralah dengan kesepatan rata-rata jika di musim hujan seperti ini, karena selain jalanan licin banyak pula aspal yang tergerus air hingga membentuk lubang. Dan jika Anda menemui lubang di jalanan janganlah panik untuk menghindar jika sudah tak memungkinkan jaraknya, lebih baik Anda kurangi gas dan melewatinya perlahan.

2. Menyalakan lampu utama saat hujan

Di tengah hujan sebaiknya menepi. Tetapi kalau harus terpaksa menembus hujan, maka nyalakan lampu utama untuk menambah penerangan dan tanda bagi pengendara lainnya. 

3. Gunakan jas hujan dengan benar 

Penggunaan jas hujan sangat penting. Tak hanya sukur nempel dibadan, namun perhatikan jas hujan Anda bagian belakang, jangan sampai bagian belakang jas hujan menutupi lampu kendaraan Anda atau bahkan masuk ke putaran roda.

4. Gunakan pelindung sepatu yang anti-slip

Alangkah lebih baik lagi jika anda menggunakan pelindung sepatu. Selain mencegah sepatu anda basah, alat ini juga menghindarkan ada terselip, seperti jika anda hanya menggunakan sandal saja.
(rha)
Komentar