Mau Beli Mobil Second, Awas Ketipu Mobil Bekas Terendam Banjir! (Ini Ciri-Cirinya)

Minggu, 27 Januari 2013 09:00
Mau Beli Mobil Second, Awas Ketipu Mobil Bekas Terendam Banjir! (Ini Ciri-Cirinya)Mobil bekas terendam banjir @dapurpacu.com

Pasca banjir seperti ini akan banyak mobil bekas dengan harga murah. Namun Anda jangan sampai ketipu, harga murah sudah jelas tak menjamin kualitas. Malah bisa jadi mobil murah tersebut sengaja dijual dengan harga miring karena habis terendam banjir.

Ya. setelah terendam banjir, memang banyak pemilik mobil berpikir ulang untuk memakainya kembali. Entah karena bermasalah dengan mesin, bau atau dianggap "mobil sial" hingga akhirnya menjual menjadi keputusan paling tepat.

Dan untuk mengakalinya agar mobil cepat laku terjual maka sang mobil akan dipermak habis-habisan, termasuk menutup-nutupi sejarah si mobil pernah terendam air bah.

Dan agar Anda pun tak tertipu saat membeli mobil bekas, berikut ciri-ciri mobil habis bekas terendam banjir seperti dilansir Tribunnews:

1. Cium bau interior! 

Kalau tidak wajar, seperti bau bekas terendam, padahal mobil relatif baru, atau bahkan bau kopi yang diyakini mampu menetralisir bau sangat menyengat, tinggalkan saja! Cari mobil lain!

2. Buka karpet bagasi hingga terlihat ban cadangan. 

Perhatikan baik-baik! Jika ada lumpur tersisa, meski sedikit, patut dicurigai mobil itu bekas terendam banjir.

3. Tanda lumpur menempel
 
Kalau dua poin di atas masih "selamat",  buka karet pintu yang menempel pada bodi, bukan pada pintu. Tarik karetnya, perhatikan apakah ada pasir atau lumpur yang menempel.

4. Buka karpet 

Lolos juga, coba buka karpet interior. Susah melakukannya, namun adalah inilah jurus terakhir yang efektif. Kotoran dan noda bekas banjir biasanya mengendap di balik karpet interior.

5. Cek STNK-nya 

Patut dipertimbangkan adalah STNK-nya. Perhatikan lokasi rumahnya, rawan banjir apa tidak. Ini dilakukan untuk meyakinkan saja, karena ada beberapa mobil yang belum balik nama dan dipakai di daerah berbeda dengan STNK. Kebanyakan, salah satu pertanyaan yang dilontarkan calon pembeli mobil bekas di Jakarta adalah bekas banjir atau bukan. 

(rha)
Komentar