Bagaimana Sih Caranya Membuat Telur Ceplok Sempurna ? Ini Metodenya!

Jum'at, 18 Januari 2013 20:15
Bagaimana Sih Caranya Membuat Telur Ceplok Sempurna ? Ini Metodenya!Ilustrasi gambar @thekitchn.com
Terlihat sepele memang, namun jika tak mengetahui metodenya dijamin Anda tak akan bisa menggoreng telur mata sapi atau ceplok dengan bentuk sempurna dimana kuning telur masih ditengah dan bentuk sekitarnya bulat merata.

Ada banyak versi menggoreng telur yang sempuna, peasaran bagaimana caranya ? berikut 4 metodenya seperti diulas Food52:

Metode lembut

Telur ini bisa dikatakan setengah matang. Cara membuatnya, panaskan wajan antilengket dengan panas tinggi selama satu menit kemudian lelehkan mentega. Masukkan isi telur ke dalam wajan, ubah panas api menjadi medium. Masukkan sekira 1,5 sendok makan air ke dalam wajan, tutup wajan selama 30 detik.

Untuk penyajian caranya geser telur dari wajan menggunakan sendok ke piring saji dan taburi garam. 

Metode tanpa ditutup

Panaskan wajan antilengket dengan suhu tinggi. Tuangkan minyak zaitun lalu panaskan hingga terlihat mengkilat. Masukkan isi telur ke wajan dengan api kecil. Sendok-sendoki minyak panas ke kuning telur. Lalu pindahkan ke piring jika putih telur sudah terlihat renyah dan taburi garam.

Metode tekan

Panaskan setengah sendok makan mentega dalam wajan antilengket dengan panas medium hingga tinggi. Ketiga mentega mulai berbuih dan berasap, masukkan telur ke dalam wajan. Bumbui dengan garam dan merica.

Segera balik telur begitu bagian pinggirnya berwarna kecoklatan dan agak keras. Tekan telur menggunakan spatula di daerah putih telur yang tebal sehingga basah meleleh ke wajan dan proses masak menjadi lebih cepat. Taburi kembali dengan garam dan merica.

Ketika telur telah matang, segera pindahkan ke atas roti sandwich yang telah dipanggang. Hasilnya adalah putih telur renyah dan kuning telur yang meleleh.

Metode oven

Panaskan oven hingga suhu 205 derajat Celsius. Sementara itu, panaskan satu sendok minyak zaitun ke dalam pinggan tahan panas dengan api sedang di atas kompor. Ketika minyak mulai hangat tetapi tidak panas, pecahkan telur ke dalamnya. Biarkan, dan masak hanya hingga putih telur berubah tekstur lalu pindah ke oven dan panggang sampai putih telur matang sepenuhnya, sekira 3 menit.(rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar