Apa Sih Fungsi Puting Susu Pada Tubuh Laki-Laki ?

Kamis, 10 Januari 2013 10:15
Apa Sih Fungsi Puting Susu Pada Tubuh Laki-Laki ?Ilustrasi gambar @shutterstock.com
Sama seperti perempuan, laki-laki juga memiliki dada sekaligus putingnya. Namun berbeda dengan puting pada wanita yang berfungsi seabagi laktasi atau menyusui, apa kira-kira fungsi puting pada laki-laki ?

Puting dan jaringan payudara pada laki-laki tidak memiliki fungsi sebagai salah satu zona erotik, meski tak sesensitif pada perempuan.

"Puting pria kalau lagi orgasme bisa tegang, sedangkan pada wanita saat baru bergairah payudara sudah mulai membesar dan puting tegak," jelas Dr Andri Wanananda, MS, seksolog dan pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, seperti dilansir detikHealth.

Meski tak dapat membesar layaknya payudara dan puting pada perempuan, namun pria juga beresiko mengalami kanker dan mampu menghasilkan susu.

Tingkat hormon estrogen yang biasanya terdapat pada perempuan ternyata juga terdapat pada tubuh laki-laki. Jika terjadi kondisi atau penyakit tertentu yang mempengaruhi hormon, maka jaringan payudara pada laki-laki dapat tumbuh, yang disebut dengan gynacomastia, dan kondisi ini lebih sering terlihat pada masa remaja. Gynacomastia juga menyebabkan pria dapat menghasilkan susu.(rha)
Komentar