Menikah Saat Hamil Menurut Hukum Islam

Jum'at, 21 Desember 2012 12:45
Menikah Saat Hamil Menurut Hukum IslamIlustrasi Pernikahan @weheartit.com
Di tahun yang sudah mendekati hari akhir ini, seks bebas semakin meluas. Hamil diluar nikah dianggap biasa, bahkan pernikahan dijadikan penutup masalah ini. Padahal perlu diketahui menikah dalam keadaan hamil itu 'haram' hukumnya dalam Islam.

Menikah dalam kondisi hamil setelah sang wanita bercerai itu saja haram hukumnya, sang pria yang berniat menikahi harus menunggu hingga san wanita yang menjanda dalam keadaan hamil melahirkan terlebih dahulu.

Sedangkan menikah akibat hamil dari perzinaan, boleh tidaknya melakukan pernikahan masih terdapat persilangan pendapat dikalangan para ‘ulama. Secara global para ‘ulama berbeda pendapat dalam pensyaratan dua perkara untuk sahnya nikah dengan perempuan yang berzina.

Dan jika sudah terlanjur menikah dalam keadaan hamil, dalam ayat dan hadits Syeikh Al-Albany dalam Adh-Dho’ifah 2/83 ini tegas menunjukkan pernikahan haram bila pihak wanita dan pria belum bertaubat. Adapun kalau ia telah bertaubat maka terhapuslah hukum haram nikah dengan perempuan pezina tersebut berdasarkan sabda Rasulullah.(rha)
Komentar