Dongeng Grimm : Kisah Gadis Tudung Merah dan Serigala Hadir di Google

Kamis, 20 Desember 2012 12:45
Dongeng Grimm : Kisah Gadis Tudung Merah dan Serigala Hadir di GoogleDongeng Grimm Google Doodle

Apa yang kalian ingat dari Dongeng Grimm atau Grimm Bersaudara ? Kisah dongeng Gadis Tudung Merah atau Kisah dongeng Hansel dan Gretel ?

Google menghadirkan kisah dongeng Grimm Gadis Tudung Merah dan Serigala di Google Doodle hari ini untuk menyambut 200 tahun Dongeng Grimm.

Mungkin bisa juga Rapunzel, gadis cantik berambut pirang yang tinggal di menara bertingkap satu; dan memiliki rambut demikian panjang hingga mampu digunakan pangeran tampan memanjat menara.

Selain itu ada dongeng Cinderella dengan sepatu kacanya, Pangeran Katak, dan Putri Salju.

Semua dongeng itu tercantum dalam kumpulan dongeng yang disusun oleh Jacob dan Wilhelm Grimm. Grimm Bersaudara mengumpulkan 210 cerita yang kemudian diriilis dalam dua jilid (dimulai pada 1812).

Namun, ternyata cerita yang dirilis dalam Dongeng Grimm tidaklah seindah yang kalian dengar, dongeng tersebut telah diubah untuk melenyapkan unsur-unsur kekerasan yang ada di dalamnya. Sebelumnya, kisah-kisah ini terlalu vulgar untuk dibaca oleh anak-anak.

Seperti kisah Brother and Sister (Kakak Beradik Yang Rukun). Dalam versi asli kisah ini, nenek sihir dan putrinya yang menyamar sebagai permaisuri, dihukum dengan dibawa masuk ke hutan. Sang putri nenek sihir, tewas setelah tubuhnya dirobek-robek binatang buas. Sementara ibunya, dibakar hidup-hidup. Kisah ini, sampai ke tangan kita dengan perubahan drastis. Keduanya hanya mendapatkan hukuman berat di pengadilan.

Meski begitu, Dongeng Grimm sudah menjadi inspirasi dan bacaan wajib bagi anak-anak di seluruh belahan dunia.

(ec)
Komentar