Bahtera Nuh, Penyelamat Umat Manusia dari Kehancuran

Bahtera Nuh, Penyelamat Umat Manusia dari KehancuranIlustrasi Bahtera Nabi Nuh

Bahtera Nuh merupakan kapal besar yang menyelamatkan kehidupan di Bumi dari air bah yang menenggelamkan daratan dan manusia yang memiliki sifat yang buruk.

Bahtera Nuh merupakan sebuah kapal yang dibangun atas perintah Tuhan untuk menyelamatkan Nabi Nuh beserta keluarganya dan kaumnya yang beriman dan kumpulan binatang yang ada di seluruh dunia dari ganasnya air bah yang menenggelamkan daratan Bumi.

Kisah ini terdapat pada Kitab Kejadian dalam Alkitab Ibrani, atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen dan juga Al-Quran.


Mitos Sumeria juga menceritakan kisah seperti ini. Berbeda dengan agama Abrahamik, tokoh dalam kisah Sumeria tidak bernama Nuh namun Ziusudra. Kisah Sumeria mengisahkan Ziusudra mendapat peringatan dari para dewa untuk membangun sebuah kapal untuk menyelamatkan diri dari banjir yang akan menghancurkan umat manusia.

Bahtera Nuh juga membawa sepasang dari semua jenis binatang agar bisa berkembang biak saat air bah surut. Sehingga semua binatang yang ada di jaman sekarang merupakan turunan dari binatang yang saat itu berada dalam kapal tersebut. 

Dalam Alkitab menyatakan bahwa kapal itu berlabuh di daerah timur laut Turki dan Al-Qur'an menulis Bahtera Nuh berada pada Gunung Judi.

ec