NASA Tampilkan Gambar Asteroid yang Melintasi Bumi

Rabu, 07 November 2012 15:45
NASA Tampilkan Gambar Asteroid yang Melintasi BumiAsteroid NASA @mashable
National Aeronautics and Space Administration (NASA) berhasil mengambil gambar asteroid yang melintasi bumi. Asteroid melintasi bumi akhir bulan lalu dengan jarak antara 9 dan 10 juta kilometer (5,6 dan 6,2 juta mil) dari bumi.

NASA merilis gambar pada Senin (5/11) dengan menampilkan asteroid dengan kode nama 2007 PA8 sebagai objek memanjang dan memiliki bentuk tidak teratur. Ketika melintasi bumi, asteroid ini berputar sekali setiap tiga sampai empat hari.

Radar yang berhasil menangkap objek besar ini adalah 70m antena Goldstone di California milik Deep Space Network (DSN) NASA.

Dua radar lainnya yakni Madrid Deep Space Communications Complex (MDSCC) di Spanyol dan Canberra Deep Space Communication Complex (CDSCC) di Australia.

Radar Goldstone diposisikan sekitar 120 derajat dari diameter bumi. Perangkat penangkap objek asing di luar angkasa ini mampu mengabadikan gambar 2007 PA8 secara detail.

Asteroid 2007 PA8 datang lebih dekat ke bumi setelah objek tersebut tertangkap. Pada pukul 8:42 Pasific Time Senin lalu, NASA mengatakan bahwa asteroid ini berjarak 6,5 juta kilometer. Jarak tersebut 17 kali lipat dari jarak antara bumi dengan bulan, dan asteroid ini masih belum membahayakan bumi.
(ec)
Komentar