Pesawat Tanpa Awak Milik RI Termaju Se-Asia Tenggara

Senin, 05 November 2012 14:45
Pesawat Tanpa Awak Milik RI Termaju Se-Asia TenggaraPesawat Tanpa Awark @berita8.com
Teknologi pesawat tanpa awak di Indonesia mengukir sebuah rasa bangga. Pasalnya pesawat tanpa awak ini diklaim paling maju di kawasan Asia Tenggara jika dibandingkan dengan milik negara Malaysia dan Singapura.

"Malaysia masih di bawah kita. Bahkan dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya seperti, Singapura, kita masih lebih bagus," ungkap Ketua Jurusan Aeronautika dan Astronautika Fakultas Teknik Mesin Penerbangan (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) Taufiq Mulyanto, melansir dari OkezoneSabtu (3/11/2012). 

Sejak kemarin Jumat 2 November hingga Minggu 4 November mendatang, FTMD ITB menggelar kontes pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) lewat Indonesia Aerial Robot Contest (IARC) 2012 di Lanud Sulaeman, Soreang, Kabupaten Bandung.

Lanjut Taufiq, memang Singapura memiliki resource yang bagus. Namun jika ditelusuri, SDM-nya justru dari Indonesia, misalnya dari ITB.

"Malaysia juga belum (UAV-nya belum maju), dapurnya di kita," tambahnya. 

Makanya dengan dihelatnya IARC 2012, semangat untuk mengembangkan teknologi pesawat tanpa awak di Indonesia makin meningkat. "Lewat event ini bendera kita harus terus berkibar," ujarnya. (rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar