Sejarah SMS Pertama Kali Ditemukan

Kamis, 04 Oktober 2012 17:25
Sejarah SMS Pertama Kali Ditemukanphoto-dictionary.com

Kebutuhan kita akan hand phone tentunya tak lepas dari fungsinya untuk berkomunikasi. Meski kini HP sudah lebih canggih karena mampu terkoneksi dengan internet namun fungsi baru tersebut masih belum bisa menghilangkan ketergantungan pemakai akan fungsinya untuk bertelepon hingga berkirim SMS (Short Messaging Services).

Namun jika dilihat dari segi ekonomis, SMS lebih banyak peminatnya. Namun selama ini memakai layanan ini, apakah anda sudah tahu sejarah awal dari layanan pesan singkat ini ?

Pada tahun 1984 konsep SMS pertama kali dikembangkan oleh kerjasama dua peneliti seluler Prancis dan jerman yaitu Friedhelm Hillebrand dan Bernard Ghillebaert. SMS pertama dikirimkan oleh Neil Papworth pada 1992 kepada Richard Jarvis, salah satu pegawai Vodafone. Karena ponsel saat itu tidak dilengkapi keyboard, Papworth mengetikkan pesannya pada PC. Bunyi pesan SMS pertama yang dikirim Papworth saat itu adalah "Merry Christmas".

Ponsel GSM versi awal tidak dapat digunakan untuk mengirim SMS. Pada masa itu SMS hanya digunakan untuk mengirimkan peringatan dari operator kepada pengguna ponsel. Pada tahun 1993 Nokia menjadi produk yang pertama kali membuat ponsel dengan kemampuan kirim SMS.

Meski SMS tak langsung direspon positif oleh para pengguna HP, namun kini seiring waktu konsep SMS mengalami perkembangan contohnya seperti konsep Chatemail, Skype, Twitter dll. Selain itu SMS tak hanya lagi sekedar mengirimkan teks. Saat ini SMS mengizinkan kita menerima update dan peringatan, berkirim email, berbincang, dan masih banyak lagi.

(Merdeka.com/rha)
Komentar