Ada Gempa di Planet Mars

Jum'at, 24 Februari 2012
Ada Gempa di Planet Mars

Sebuah penelitian mengindikasikan adanya gempa pada permukaan planet Mars. Hal ini membuat kemungkinan bahwa Planet yang mendapat julukan Planet Merah ini masih masih aktif secara geologis, dan bisa bermanfaat bagi kelansungan kehidupan. 

Aktivitas getaran dan aktivitas vulkanik di Mars telah berhenti jutaan tahun lalu karena ukuran Mars yang kurang lebih setengah dari ukuran Bumi, sehingga panas di bagian internal Planet Merah lebih cepat terpancar keluar, bila dibandingkan dengan Bumi kita.

Namun, terdapat sebuah wilayah di Planet Mars yang bernama Cerberus Fossae yang terbentuk dari retakan dan saluran-saluran yang melintasi aliran-aliran lahar muda, hal ini membuat para ahli geologi untuk berpendapat kemungkinan hal ini dari masa ketika Mars masih aktif secara geologis.

Dilansir dari New Scientist, hasil pemotretan dari kamera HiRISE di pesawat luar angkasa Reconnaissance Orbiter milik NASA menunjukkan batu-batu besar dengan lebar antara 2 sampai 20 meter, tersebar di dalam retakan yang menyerupai lembah. Hal ini mengindikasikan bahwa batuan tersebut berguling dari permukaan.

Retakan di permukaan Mars juga mengeluarkan panas dan mungkin saja berhubungan dengan aktivitas vulkanik. Hal ini membuat Gerald Roberts dari University of London membayangkan bahwa wilayah tersebut masih aktif dan mengalami guncangan gempa.

Semakin jauh dari Cerberus Fossae, ukuran serta jumlah batu-batu itu berkurang. "Hal ini konsisten dengan hipotesis bahwa batu-batu bergerak karena permukaan tanah mengalami guncangan, dan semakin jauh dari pusat gempa Mars, besar guncangan akan semakin berkurang." ungkap Robert

Batu-batu yang menggelinding meninggalkan jejak di debu Mars dan belum terhapus oleh tiupan angin. Padahal jejak kendaraan penjelajah Mars diketahui akan tertutup debu dalam hitungan tahun. Ini berarti batu yang berpindah itu kemungkinan baru saja mengalami guncangan.

Komentar