Asteroid Sebesar Bus, Melewati Bumi!

Asteroid Sebesar Bus, Melewati Bumi!

Asteroid besar seukuran bus sekolah melewati Bumi dalam jarak sekitar 60.000 kilometer, kurang dari seperlima jarak Bulan pada Jumat (27/1/2012) lalu. Asterodi tersbeut "nyaris menabrak" bumi, untungnya para ahli sudah memberi pernyataan, batu angkasa itu tak akan mencelakakan Bumi. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), sebelumnya telah memprediksi hal ini, lewat Twitter NASA mengumumkan asteroid akan "melewati  Bumi dalam jarak aman" pada hari yang sama. 

Direktur Pusat Penelitian Planet-planet Kecil di AS, Gareth William mengatakan, asteroid yang diberi nama 2012 BX34 itu masuk daftar 20 besar asteroid yang teramati melewati Bumi dalam jarak terdekat. Karena ukurannya yang relatif kecil, ia hanya bisa terdeteksi saat berada dekat dengan Bumi.

"Obyek ini sangat kecil, bahkan ketika menabrak Bumi, ia tak akan selamat melewati atmosfer. Meski hanya satu potong," kata dia, Sabtu 28 Januari 2012. 

Obyek seperti 2012 BX34, yang memiliki diameter 6 hingga 9 meter biasanya akan hancur saat memasuki perisai Bumi. Kalaupun ada sisanya, paling seukuran kepalan tangan, jatuh ke Bumi sebagai meteorit. 

Sebelumnya pada bulan November 2011 lalu, asteroid beukuran 400 meter sebesar kapal induk, juga lewat dekat dengan Bumi. Asteroid 2005 YU55 melintas dengan jarak terdekatnya dalam waktu 200 tahun, pada jarak  324.600 kilometer dari Bumi.


Para ilmuwan luar angkasa pun menyikapi serius menganai masalah asteroid ini, karena bukan tak mungkin jika asteroid bisa menyebabkan bencana. Asteroid raksasa yang masuk Bumi dapat menghamburkan debu sehingga cahaya matahari tertutup. Dunia pernah dilanda musim dingin ekstrem, yang disebut-sebut menjadi salah satu penyebab punahnya Dinosaurus.


Salah satu asteroid yang masuk radar pengamatan adalah Aphopis, yang ditemukan 19 Juni 2004. Dengan panjang 269 meter, benda itu akan berada dalam jarak sangat dekat dengan Bumi pada 13 April 2029, tapi tak sampai menabrak. Namun, saat kembali melintas pada 13 April 2036, asteroid bisa jadi punya kesempatan tipis untuk menyenggol Bumi.