8 Tempat Terangker di Pulau Jawa

Selasa, 21 Februari 2012
8 Tempat Terangker di Pulau Jawa
Pulau Jawa ini selain terkenal dengan keindahan alam pariwisatanya, juga dikenal dengan banyak cerita sejarahnya. Banyak daerah di pulau ini mempunyai nilai mistik pula. Tak sedikit bahkan dari masyarakat yang mempercayainya dan melalukan ritual untuk penghormatan kepada sang leluhur. Dan tahukah kamu ada 8 temat paling angker di Pulau Jawa ? berikut daftarnya :

1. Kawasan Pantai Selatan Pulau Jawa



Konon pantai selatan pulau jawa dihuni oleh Ratu Kidul. Kawasan pantai selatan yang dianggap angker adalah Pantai Parangkusumo (Tempat labuhan Kraton Yogyakarta, dianggap sebagai pintu gerbang gaib keraton Laut Kidul), Pantai Parangtritis, Gua Langse (pertapaan). 

2. Keraton Yogyakarta



Suasana sakral sangat terasa di keraton Yogyakarta ini. Yang paling kuat adalah disekitar bangsal proboyeksa di belakang bangsal kencana yang merupakan tempat penyimpanan pusaka kraton. Kabarnya penjaga bangsal kencana tersebut bukanlah manusia tapi khusus prajurit dari dunia lain.

3. Makam Raja-Raja Imogiri



Makam imogiri merupakan makam raja raja mataram sampai keturunanya kasultanan yogyakarta dan kasunanan surakarta. Untuk masuk areal makam raja harus mengenakan pakaian khusus dan menggunakan peraturan khusus.

4. Gunung Merapi



Setiap tahun Kraton Yogyakarta mengadakan labuhan untuk menghormati pengunggu gunung merapi Eyang Sapu Jagad . Bagi pendaki merapi pasti tidak asing dengan pasar bubrah. Pasar bubrah adalah pasarnya bangsa mahkluk halus. Watu gubug di gunung merbabu adalah pintu gerbang menuju kerajaan gaib.

5. Alas Purwo Banyuwangi



Alas Purwo berada di pesisir selatan dekat pantai plengkung. Sejak dulu alas purwo digunakan untuk menguji ilmu bagi pertapa yang ingin berhubungan dengan dunia gaib. 

6. Gunung Tidar Magelang



Gunung Tidar tidak hanya terkenal sebagai ikon atau identitas Kota Magelang. Bagi sebagian orang yang memang nglakoni lelaku spiritual , Gunung Tidar merupakan salah satu obyek yang menjadi tempat tujuan mereka untuk mendekatkan diri kepada Gusti Allah.

7. Lawang Sewu



Lawang Sewu sudah terkenal dengan keangkeran nya. Orang-orang yang tinggal disekitar perumahan sana sering mengatakan bahwa mereka melihat bayangan-bayangan dan sebagainya. Lawang Sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah dan diberi nama Lawans Sewu yang dalam bahasa Jawa berarti Seribu Pintu karena bangunan ini mempunyai pintu yang banyak sekali. 

8. Kawasan Gunung Bromo



Peristiwa-peritiwa gaib sering dialami para pendaki hampir di seluruh gunung-gunung yang terkenal dengan keangkerannya. Para pendaki sering diingatkan oleh masyarakat setempat, petugas, maupun peraturan yang jelas-jelas berisi pantangan-pantangan yang berhubungan dengan makhluk halus penghuni gunung yang bersangkutan.
Komentar